Yakin, Punya Usaha Akan Selalu Menguntungkan?

bisnis meningkat

“Jadi wirausaha sih enak, kerja keras sendiri terus hasilnya dinikmati sendiri.”. Cukup banyak orang yang bekerja pada orang lain memiliki pola pikir seperti itu. Sebenarnya, jika Anda memang sudah memiliki pola pikir seperti itu dan kemudian tertarik untuk membuka usaha dengan modal dari pinjaman usaha, bukanlah masalah. Hal tersebut bisa menjadi motivasi Anda untuk meraih sebuah kesuksesan. Akan tetapi, jika Anda kemudian memutuskan untuk berhenti kerja dan memulai usaha karena pemikiran emosional sesaat, maka dijamin Anda akan menyesal.

Kok bisa?

Tentu saja, karena memiliki sebuah usaha sendiri bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus benar-benar Anda pahami dan persiapkan sebelum memutuskan untuk berwirausaha, antara lain:

  • Ide

Sebelum memulai usaha, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah ide mengenai usaha apa yang akan Anda jalankan. Mencari ide usaha ini bukanlah hal yang mudah. Mungkin banyak orang yaang berpikir, asalkan bisa menciptakan suatu produk yang unik maka Anda akan berhasil. Kenyataannya tidak seperti itu. Banyak juga usaha yang terbilang cukup unik justru mengalami kegagalan, dan usaha yang memiliki banyak saingan justru berhasil.

  • Modal

Setelah menemukan ide usaha yang mau dijalankan, Anda harus mempersiapkan modal untuk memulai usaha. Anda bisa mendapatkannya dengan cara meminjam, ataupun memanfaatkan tabungan yang dimiliki selama Anda bekerja. Besar kecilnya modal akan sangat bergantung pada jenis usaha yang akan Anda jalankan.

  • Tidak mudah menyerah

Banyak orang yang telah merencanakan usahanya dengan detail. Meskipun begitu, pada saat usahanya dimulai, mungkin saja Anda akan menemukan berbagai halangan yang tidak terpikirkan sebelumnya. Jika Anda adalah orang yang mudah menyerah, maka dijamin Anda akan stres dan justru mulai berpikir untuk menghentikan usaha Anda ketika menemukan masalah yang tidak diprediksi sebelumnya.

  • Siap gagal

Yakin, semua usaha pasti berhasil? Apa Anda tahu, bahwa banyak pengusaha sukses sekarang yang harus mengalami kegagalan dan kerugian yang tidak sedikit sebelum akhirnya menjadi sukses seperti sekarang. Jadi, jangan hanya terfokus pada penghasilan tinggi saja saat memulai usaha, tetapi lebih baik jika Anda menciptakan suatu usaha yang stabil terlebih dahulu.

Membuka usaha tidaklah semudah yang terlihat. Sayangnya, banyak orang yang hanya melihat sisi luarnya saja ketika sang pengusaha tersebut sudah sukses. Padahal, untuk mencapai kesuksesan tersebut, tidak jarang mereka mengorbankan banyak hal. Jadi, sebelum menggadaikan sertifikat rumah untuk modal usaha, sebaiknya dipikirkan matang-matang, ya! (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*