5 Kebiasaan yang Sudah Jarang Dilakukan di Era Digital

era digital

Majunya teknologi informasi dapat membawa kemudahan pada beberapa aspek, namun konsekuensinya ada beberapa hal yang hilang karena sudah bisa digantikan dengan IT. Contohnya di bidang bisnis, sebuah perusahaan tidak lagi memerlukan hardware untuk menyimpan data karena IT Infrastructure perusahaan tersebut memungkinkan untuk menyimpan data secara virtual. Bahkan, teknologi memegang peran penting dalam perusahaan untuk mendukung kemajuannya.

Hal yang sama juga terjadi di kehidupan sehari-hari. Ada beberapa kebiasaan yang seringkali kita lakukan sebelum memasuki era digital tapi sudah semakin memudar seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Mungkin banyak dari kita yang tidak menyadarinya tapi coba perhatikan kembali, apakah kita masih sering melakukan beberapa kebiasaan di bawah ini?

  • Berbelanja Secara Langsung

Coba, siapa di sini yang tidak pernah berbelanja online? Hampir semua orang di era digital ini sudah mengenal yang namanya belanja online. Mulai dari pakaian, peralatan rumah, buku, hingga pulsa sudah bisa dilakukan secara online. Meskipun masih banyak orang yang suka berbelanja secara langsung, namun seiring berkembangnya online store, semakin banyak juga orang yang lebih memilih untuk berbelanja secara online karena lebih praktis.

  • Pergi ke Perpustakaan

Selain mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, sepertinya tidak banyak orang yang mengunjungi perpustakaan sekarang ini. Kebanyakan lebih memilih membeli e-book atau mencari informasi yang ada di internet.

  • Menanyakan Rute Jalan

Tanpa adanya GPS, dulu kita mau tidak mau harus menanyakan arah jalan ke orang sekitar. Namun sekarang kita bisa mengikuti petunjuk arah dari beberapa aplikasi GPS tanpa harus bertanya ke orang.

  • Berbincang-bincang Saat Makan Bersama

Sebelum memasuki era digital, suasana makan bersama terasa lebih ramai karena biasanya kita menghabiskan waktu untuk mengobrol sebelum atau sesudah makan. Namun kini rasanya kebiasaan itu sudah semakin berkurang, mengingat banyak dari kita yang lebih memilih untuk menatap ke layar hp dibandingkan dengan mengobrol langsung dengan orang di sekitar.

  • Undangan Pesta

Dulu jika ada perayaan pesta pernikahan atau lainnya, pasti undangan tercetak harus disebar kepada para tamu. Namun sekarang undangan tidak perlu berbentuk cetak karena kita bisa membuat undangan secara digital untuk menghemat budget dan kertas.

Kebiasaan sehari-hari mana yang sudah paling jarang kamu lakukan? (Rima)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*