Toko Online Harus Melakukan Iklan Ini Agar Tidak Kalah Saing

Digital Marketing

Sama seperti toko konvensional yang mengharuskan Anda untuk melakukan pemasaran misalnya dengan brosur, spanduk ataupun baliho, toko online juga harus melakukan marketing baik dengan cara yang konvensional jika Anda juga memiliki toko yang bisa dikunjungi langsung dan juga marketing secara online. Karena semakin lama semakin banyak orang yang mulai membangun bisnis online, maka Anda harus melakukan marketing dengan membuat iklan agar online shop yang Anda miliki tersebut tidak kalah saing dengan bisnis yang sudah atau yang baru dibangun.

Iklan yang dibuat tersebut bertujuan agar produk yang ditawarkan oleh online shop yang Anda miliki tersebut dikenal oleh pengguna internet yang lainnya sehingga akan lebih banyak orang yang mengenal produk Anda dan iklan tersebut akan bisa lebih maksimal jika diimbangi dengan optimasi SEO. Ada 3 jenis iklan produk yang harus Anda buat agar online shop Anda bisa bertahan dan berkembang.

Pertama adalah pioneering advertising atau iklan pionir. Iklan ini merupakan iklan yang ditujukan untuk membentuk sebuah primary demand dimana Anda memperkenalkan jenis produk yang Anda pasarkan tersebut bukan mereknya. Jenis iklan ini digunakan untuk memperkenalkan produk yang masih baru sehingga orang lain bisa tahu jika produk yang Anda tawarkan tersebut adalah jenis bedak, misalnya. Tujuan utama dari pembuatan iklan produk ini adalah untuk memberikan suatu informasi mengenai suatu produk dan bukan untuk mengajak orang yang melihat produk tersebut untuk membeli jenis produk yang ditawarkan. Dalam iklan ini, Anda tidak harus menyebutkan merek barang namun bisa sedikit menyisipkan merek atau nama online shop Anda.

Kedua dalah competitive advertising atau iklan persaingan. Iklan untuk toko online ini dilakukan ketika barang atau produk yang Anda jual di online shop ini sudah masuk tahap kedua yaitu tahap pertumbuhan dalam product life cycle dan Anda sudah mulai merasakan adanya persaingan. Iklan ini sangat penting karena walaupun Anda sudah mendapatkan brand awareness dari pengguna internet, namun jika salah strategi sedikit saja, Anda bisa kalah saing dan bisa saja menyebabkan bangkrut.

Iklan persaingan ini merangsang selective demand dengan cara atau langkah menawarkan barang dari merk tertentu yang Anda jual di online shop Anda atau bahkan jenis produk yang Anda buat dan jual sendiri. Pada iklan ini, selain menentukan kemampuan untuk bertahan dari para kompetitor juga sebagai ajang untuk ‘membuat’ agar konsumen menjadi pelanggan setia Anda. Jika hal tersebut bisa diwujudkan, maka Anda bisa lebih fokus untuk membuat suatu produk yang disukai oleh pelanggan Anda dan online shop Anda bisa bertahan.

Ketiga adalah reminder advertising atau iklan pengingat. Iklan produk ini dilakukan ketika barang yang Anda tawarkan tersebut sudah masuk ke tahap yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, mungkin saja saat barang banyak diminati oleh pelanggan ataupun karena penurunan penjualan yang disebabkan karena adanya menurunkan permintaan. Sama halnya seperti toko konvensional, toko online juga bisa mengalami kemajuan dan kemunduran sehingga iklan pengingat ini bisa membantu untuk mengingatkan kembali para konsumen yang pernah menyukai dan bahkan menjadi pelanggan dari produk yang Anda jual tersebut. Sedangkan jika saat Anda melakukan iklan ini online shop Anda sedang masa jaya, bisa membantu untuk mempertahankan brand image ataupun brand loyalty dan memperluas pangsa pasar dengan lebih mudah.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*