Tips untuk Mengenal Beragam Pipa Air. Pastikan Tahu Harganya!

Tips untuk Mengenal Beragam Pipa Air. Pastikan Tahu Harganya!

Pipa air idealnya digunakan untuk mengalirkan air yang bersih ataupunĀ  membah cairan yang tidak berguna. Ragamnya fungsi, jenis dan harga pipa membuat produksi desain pipa air juga beragam berdasarkan fungsinya. Pipa air yang ideal adalah pipa yang dapat mengalirkan fluida tanpa mengalami hambatan dan mengeluarkan volume fluida sesuai dengan yang diharapkan.

Agar tidak mengalami kesalahan saat menentukan jenis pipa air yang cocok dengan kebutuhan instalasi pipa air di rumah Anda, sebaiknya mengetahui jenis pipa air berdasarkan fungsinya dan juga harga pipa yang dijual dipasaran pada umumnya.

  1. Pipa Air PVC

Pipa air PVC merupakan jenis pipa yang banyak digunakan karena memiliki ketahanan terhadap panas. Jenis PVC memiliki ketebalan dan ketahanan yang baik pada suhu tinggi. Kamu dapat menggunakan jenis pipa ini untuk kebutuhan instalasi air panas dan air dingin dirumah kamu. Harga pipa PVC adalah diantara Rp 27.000 hingga Rp 2.500.000 per batang berdasarkan diameter dan tipe pipanya.

  1. Pipa Air HDPE

Pipa Air HDPE merupakan jenis pipa dengan material polietilena yang memiliki densitas tinggi dengan bahan thermoplastik. Keunggulannya adalah pada kekuatan, kelenturan, anti karat, dan tidak mudah rusak. Pipa HDPE dianjurkan penggunaan untuk mengalirkan air konsumsi rumah tangga karena material pipa yang tidak berbahaya. Harga pipa HDPE adalah diantara Rp 55.000 hingga Rp 6.000.000 per batang berdasarkan diameter dan tipe pipanya.

Jenis Pipa

  1. Pipa Air PP-R

Pipa air PP-R merupakan pipa yang terbuat dari material plastic berbahan minyak bumi sehingga menghasilkan karakter yang unik. Pipa ini umumnya diproduksi dengan warna hijau. Memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi dan suhu rendah serta tahan terhadap tekanan yang tinggi. Penggunaannya umumnya digunakan untuk mengalirkan air bersuhu tinggi ataupun dengan teknan yang besar. Harga pipa PP-R adalah diantara Rp 60.000 hingga Rp 5.350.000 per batang berdasarkan diameter dan tipe pipanya.

  1. Pipa Air PEX

Pipa Air PEX merupakan jenis pipa yang banyak digunakan untuk mengalirkan air panas dan air dingin pada rumah tangga. Hal ini karena pipa air PEX memiliki ketahanan pada suhu ekstrem. Keunggulan menggunakan pipa ini adalah pada proses pemasangannya yang relative sederhana dibandingkan pipa jenis lain. Harga pipa PEX adalah diantara Rp 11.000 hingga Rp 46.000 per batang berdasarkan diameter dan tipe pipanya.

Mana yang Anda pilih nanti?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*