Tips Terhindar Dari Agen Asuransi Nakal

agen asuransi

Perusahaan asuransi kesehatan yang bagus pasti akan memilih agen asuransi yang berkualitas dan melatihnya agar dapat bekerja secara profesional. Akan tetapi, saat ini di Indonesia ada cukup banyak perusahaan asuransi yang menawarkan paket berbeda. Ada yang menawarkan pertanggungan dalam jumlah yang kecil maupun besar, padahal premi yang dibayarkan sama. Sehingga masyarakatlah yang harus pintar memilih mana perusahaan asuransi yang kira-kira paling tepat untuk dipilih.

Namun, semakin meningkatnya persaingan seringkali membuat agen asuransi berusaha dengan berbagai cara untuk mendapatkan konsumen. Dari mulai cara yang jujur hingga cara yang bisa dikatakan tidak jujur. Akibat kenakalan agen asuransi bisa jadi Anda sebagai pemegang polis tidak bisa melakukan klaim karena berbagai hal, biasanya terkait dengan kebenaran data yang diisi dalam formulir.

Agar Anda tidak mengalami kerugian akibat hal ini, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini saat memilih agen asuransi:

  • Pelatihan

Sebagian besar perusahaan asuransi akan memberikan pelatihan asuransi terlebih dahulu kepada agennya. Khusus untuk asuransi jiwa, pelatihan ini bahkan dilakukan langsung oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan agen asuransi yang dinyatakan lolos akan mendapatkan sertifikasi. Pastikan bahwa agen asuransi yang menawari Anda produk adalah orang yang sudah melalui tahap pelssatihan dan bersertifikasi.

  • Pemahaman produk

Meskipun sudah melalui pelatihan terkadang ada beberapa yang paham teori namun pada saat dalam praktek mereka tidak mampu menjelaskan dengan baik. Jika agen asuransi seperti ini yang menawari Anda produk sebaiknya pikirkan ulang untuk menerimanya. Sebab jika suatu saat nanti Anda membutuhkan bantuan, bisa jadi agen tersebut tidak banyak membantu Anda.

  • Referensi

Jika ada anggota keluarga atau kerabat Anda yang sudah terlebih dahulu mendaftar produk asuransi dan merasa puas dengan layanan agen asuransi yang menanganinya, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan agen yang sama. Sebab dengan begitu Anda sudah tahu bagaimana sistem kerja dan profesionalitas agen tersebut.

Anda juga bisa terhindar dari agen asuransi nakal dengan belajar cara cermat mempelajari polis asuransi. Dengan begitu agen asuransi akan sulit untuk memanipulasi Anda yang berisiko menimbulkan kerugian bagi Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perusahaan asuransi yang berkualitas biasanya akan lebih berhati-hati dalam memilih agen asuransi yang bekerja atas namanya. Meskipun begitu, semua tetap tergantung pada sifat individunya masing-masing. Sebab itulah, walaupun Anda memilih perusahaan asuransi ternama sekalipun Anda tetap harus waspada terhadap agen asuransinya. Begitu pula dengan perusahaan asuransi yang belum memiliki nama besar, belum tentu mereka tidak mampu memberikan kualitas yang baik. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*