Tips Sebelum Membeli Rumah Murah

tips-beli-rumah

Perumahan telah banyak dibangun oleh para developer, namun tidak semuanya bisa menjamin harapan Anda. Jadi, kejelian harusnya menjadi pertimbangan khusus agar tidak kecewa setelah membelinya.

Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah, entah itu rumah mewah ataupun rumah murah yang sederhana. Setidaknya, Anda tidak akan mengalami kesulitan setelah memilikinya. Diantara pertimbangan yang sebaiknya Anda lakukan adalah sebagai berikut.

tips-beli-rumahKelengkapan Surat Rumah

Untuk apa tinggal di rumah jika tidak memilikinya sepenuhnya. Sudah keluar duit banyak, malah beberapa saat kemudian rumah diambil lagi oleh yang punya.

Kasus seperti ini juga ada. Lalu siapa yang patut disalahkan? Baik penjual maupun pembeli sama-sama keliru.

Hanya saja, pembelinya adalah yang paling keliru. Alasannya adalah sudah tahu rumah tidak ada suratnya, tapi tetap saja dibeli dengan alasan lebih murah dibanding dengan yang lainnya.

Kondisi ini akan jauh lebih baik jika Anda mengeluarkan biaya lebih tapi hak kepemilikan rumah jatuh pada Anda. Resiko kehilangan rumah tidak akan pernah terjadi.

Sarana Prasarana Memadai

Rumah dibeli tanpa fasilitas apapun, hanya sebatas rumah kosongan yang perlu pemilik rumah isi sendiri. Ini sangat wajar dan bisa diatasi sendiri karena pemilik rumah barulah yang punya tanggungjawab di rumah barunya.

Tetapi akan sangat menjengkelkan dan mengecewakan jika sejumlah sarana prasarana di sekitar rumah tidak tersedia. Apabila ada, cukup jauh dijangkau. Contohnya adalah pusat perbelanjaan ataupun sarana penunjang lainnya.

Jika tempat belanja sangat jauh, Anda akan kesulitan sekali untuk belanja kebutuhan pokok. Dan ini tentunya memakan waktu dan biaya kembali.

Selain pusat belanja semisal pasar tradisional, Anda juga sebaiknya memastikan jika rumah yang dibeli telah dijangkau dengan jalur PDAM atau PLN. Keduanya merupakan kebutuhan yang bakalan memudahkan ketika tinggal di rumah.

Perhatikan Komponen Rumah

Selain bentuk rumah, komponen yang ada di dalamnya juga harus dipertimbangkan secara matang. Bentuk rumah mewakili tahan lamanya bangunan.

Sama halnya dengan sejumlah komponen rumah semisal wastafel dan sejumlah peralatan lainnya. Komponen yang masih bagus tentunya akan meminimkan pengeluaran biaya.

Makanya, akan jauh lebih baik menggunakan yang sudah ada ketimbang harus menggantinya dengan barang baru yang tentunya akan menipiskan saku Anda.

Intinya, jangan hanya fokus pada murahnya harga rumah saja. Tapi baiknya Anda perhatikan kenyamanan dan kesesuaian rumah yang akan Anda beli di dalam Perumahan Murah.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*