Tips Perawatan Rantai Motor yang Tepat

merawat rantai sepeda motor

Untuk kalian yang menjadikan motor sebagai moda transportasi sehari-hari, melakukan perawatan secara berkala merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Pasalnya, jika motor yang digunakan dalam kondisi prima maka berkendara pun akan terasa nyaman. Menghindari lubang di jalan ketika bekendara pun bukan hal yang sulit bila semua komponen pada motormu dalam kondisi sempurna. Cara untuk merawat sepeda motor pun sebetulnya gampang, yakni dengan menggunakan oli terbaik untuk motor, melakukan pengecekan secara berkala, dan juga merawat rantai dengan baik.

Nah, tanpa perlu berpanjang lebar, begini caranya merawat rantai motor secara tepat:

  1. Jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai. Mungkin selama ini kita berpikir bahwa tidak masalah menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai karena toh fungsinya sama saja, yaitu untuk menjaga bagian rantai. Padahal, hal tersebut justru berbahaya. Kita tidak tahu apa yang ada di dalam oli bekas tersebut, entah itu serbuk bekas mesin, atau partikel lain yang bisa merusak rantai. Jika menggunakan oli bekas, rantai bukannya semakin awet malah bisa semakin rusak.
  2. Belilah oli baru dengan tingkat kekentalan tertentu. Jika ingin mengolesi permukaan rantai, sebaiknya gunakan oli baru dengan tingkat kekentalan SAE 80-90. Sudah banyak yang mencoba menerapkan trik ini dan berhasil hingga sekarang. Rantai pun menjadi semakin awet dan tahan lama.
  3. Biasakan untuk membersihkan rantai sebelum dilumasi. Pasalnya, jika tahap ini kita lewati, maka kotoran yang tertinggal akan semakin melekat pada permukaan rantai saat proses pelumasan. Oleh sebab itu, pastikan bahwa seluruh permukaan rantai sudah dibersihkan dan tidak ada kotoran yang tertinggal. Bagaimana cara melakukannya? Cukup gunakan deterjen untuk menghilangkan kotoran yang melekat.
  4. Rawat secara berkala. Membersihkan rantai tidak bisa hanya dilakukan sekali dalam satu waktu. Baiknya lakukan perawatan secara berkala dan sesuaikan dengan iklim ketika itu. Biasanya, saat musim kemarau, rantai harus semakin sering dibersihkan karena debu jalanan sering menempel pada rantai.

Gimana, ternyata membersihkan rantai cukup mudah, kan? Tidak perlu pergi ke bengkel deh jika hanya ingin membersihkan rantai saja. Selamat mencoba dan semoga membantu, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*