Tips Mudah Mendownload dengan IDM

internet download manager

Para pengguna TV Kabel dan Internet aktif mungkin sudah sering mendengar IDM, namun mungkin hanya sekedar mendengar tanpa benar-benar memahami apa sebenarnya IDM. Padahal, jika kamu sudah pernah atau sekali saja mencobanya, dijamin deh kamu pasti akan langsung jatuh cinta dan ketagihan dalam menggunakan aplikasi ini.

Jadi, apakah sebenarnya IDM itu?

IDM adalah Internet Download Manager. Nah, dari kepanjangannya pasti sudah terbayangkan fungsi dari aplikasi ini? Yap, sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi untuk mendownload file dari sebuah situs. Nah, mungkin kamu bingung, kamu kan bisa men-download sendiri tanpa bantuan aplikasi? Memang sih, sebenarnya untuk beberapa situs kamu bisa melakukannya sendiri, namun untuk beberapa situs kamu akan membutuhkan aplikasi ini, khususnya ketika berkaitan dengan download video.

Tidak semua situs streaming bisa kamu download dengan menggunakan aplikasi youtube downloader. Biasanya situs yang seperti ini adalah situs yang mengandung banyak video dalam satu URL. Nah, untuk situs seperti ini, IDM adalah aplikasi paling tepat yang bisa kamu gunakan untuk men-download video yang kamu inginkan.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mendownload file setup IDM dari internet. Namun, jangan lupa download juga file crack-nya ya, supaya kamu bisa menggunakannya tanpa batas waktu. Setelah kamu download, lalu install file ini. Nantinya kamu akan diminta konfirmasi apakah kamu setuju untuk memasukkan fitur IDM ini ke dalam browser kamu. Tenang saja, apapun browser yang kamu gunakan, tetap bisa menggunakan aplikasi ini kok. Biasanya, saat kamu diminta konfirmasi, kamu juga akan diminta me-restart browser (restart browser ya, bukan restart komputer) untuk menyelesaikan proses penginstalan.

Setelah browser di-restart, biasanya akan muncul logo IDM pada bagian atas kanan browser. Namun, jika kamu membuka sebuah situs yang berisi video, biasanya akan muncul button “download video” pada sisi kiri bawah browser atau terkadang button ini muncul secara oomatis di sudut kanan atas video. Untuk men-download video, kamu hanya perlu mengklik button tersebut saja dan pilih resolusi video yang kamu inginkan.

Keuntungan lainnya, IDM ini akan menarik koneksi internet lebih kuat. Artinya, proses download akan berlangsung lebih cepat. Namun risikonya, jika kamu menggunakan jaringan internet bersama, maka bisa jadi orang lain akan terganggu koneksinya saat kamu sedang men-download sesuatu.

Namun, bukan berarti aplikasi ini tidak memiliki kekurangan. Sebab, terkadang IDM ini akan men-detect proses download ketika membukan beberapa situs tertentu. Akibatnya, akan muncul kotak dialog IDM setiap kali kamu membuka situs tersebut. Jadi, terkadang terasa cukup mengganggu. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*