Tips Mudah Memilih Suplemen Bagi Ibu Hamil

suplemen untuk ibu hamil

Mengonsumsi suplemen selama periode kehamilan memang cukup penting bagi ibu hamil. Mengapa demikian? Sebab suplemen berperan penting untuk mengatasi berbagai gangguan yang kerapkali muncul saat hamil, khususnya pada trimester pertama kehamilan. Tidak hanya itu, suplemen yang kaya akan kandungan nutrisi salah satunya vitamin ini juga sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi setelah dilahirkan serta membantu meningkatkan pertumbuhan.

Nah, untuk Anda yang masih merasa ragu dengan keamanan mengonsumsi suplemen untuk ibu hamil, ada beberapa tips mudah memilih suplemen tersebut, berikut di antaranya:

  1. Mengandung vitamin B6. Ibu hamil sangat membutuhkan asupan dari vitamin B6 ini, sebab dengan mengonsumsi suplemen ini maka ibu hamil bisa mendapatkan beberapa keuntungan, di antaranya:
  • Mengatasi mual dan muntah selama hamil.
  • Menjaga keseimbangan gula darah di dalam tubuh.
  • Memberikan tambahan energi sehingga ibu hamil terhindar dari kelelahan selama hamil.
  • Membantu memperbaiki metabolisme tubuh.
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh, dan lainnya.

Namun, penting untuk diingat, jangan terlalu berlebihan mengonsumsi vitamin B6 ini selama hamil karena bisa menyebabkan pusing, gatal-gatal, ruam pada bagian terluar kulit. Nah, untuk dosisnya sendiri vitamin B6 yang dibutuhkan adalah sekitar 10 miligram perhari.

  1. Mengandung vitamin C. Rutin mengonsumsi vitamin C selama masa kehamilan memang sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang tengah dikandungnya. Sebab vitamin ini bisa membantu membentuk kolagen tulang rawan dan pembuluh darah, melindungi dan menjaga kesehatan sel, melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil, dan sebagainya.

Meskipun begitu, dosis vitamin C yang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sekitar 80 miligram perhari untuk ibu hamil yang masih berusia 18 tahun ataupun lebih muda, dan 85 miligram untuk ibu hamil 19 tahun maupun lebih perhari. Jika berlebih, maka bisa memunculkan beberapa gejala seperti sakit kepala, nafsu makan menghilang, bibir pecah-pecah, diare, dan sebagainya.

  1. Mengandung kalsium dan zat besi. Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi tubuh ibu hamil. Kalsium sendiri berperan penting untuk membentuk struktur gigi agar lebih kuat, membantu tumbuh kembang jaringan tulang, serta membentuk jaringan jantung dan sistem syaraf. Sedangkan zat besi berperan untuk menurunkan risiko ibu hamil diserang Anemia selama hamil.

Namun demikian, untuk asupan kalsium yang dibutuhkan ibu hamil adalah sekitar 1.000 mg dan zat besi berkisar antara 440 – 1340 mg.  Untuk pemenuhan asupan nutrisi ini bisa didapat melalui susu, yoghurt, kurma, keju, pisang, apel, brokoli, bayam merah, kangkung, dan sebagainya.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan jika Ibu ingin memilih suplemen sebagai asupan nutrisi selama hamil. Nah, salah satu suplemen yang bisa dikonsumsi saat hamil adalah Holisticare yang kaya akan kandungan vitamin untuk ibu hamil. Vitamin yang terdapat di dalam Holisticare ini adalah vitamin C yang sangat berperan penting untuk menangkal radikal berbahaya yang masuk tanpa sengaja ke dalam tubuh. Namun, jika Ibu masih merasa khawatir saat akan mengonsumsinya, maka alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*