Tips Menggunakan Genset Bagi Pemula

Genset akan sangat berguna ketika sedang ada pemadaman listrik. Biasanya alat ini digunakan di berbagai kantor-kantor, instansi, bahkan toko-toko yang membutuhkan tenaga listrik untuk menjalankannya. Kini ada Sewatama yang menyediakan layanan service genset jika generator anda ada masalah. Memang tidak ada cara yang khusus untuk menggunakan genset, namun jika anda dalam situasi yang mengharuskan anda untuk mengoperasikan genset, perlu waktu yang lama untuk mengetahui cara kerja alat yang satu itu. Maka berikut ini ada beberapa tips menggunakan genset bagi pemula, diantaranya:

  1. Periksa bahan bakar

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum menghidupkan genset adalah memeriksa bahan bakar yang tersedia. Hal ini wajib dilakukan kecuali jika anda menggunakan generator yang tidak menggunakan bahan bakar. Biasanya generator menggunakan bahan bakar jenis premium. Jika kosong, maka anda harus mengisinya namun jangan terlalu penuh juga jangan sedikit juga.

  1. Periksa pelumas mesin

Selain bahan bakar, anda juga harus memperhatikan oli pelumas pada mesin tersebut. Pelumas ini berfungsi untuk menghindari gesekan pada mesin tersebut yang nantinya mesin dapat digunakan dengan baik. pastikan pelumas tersbeut dalam kondisi penuh. Jika kosong anda harus mengisinya terlebih dahulu.

  1. Periksa kondisi accu

Accu ini berfungsi untuk mengalirkan listrik pada mesin tersebut yang digunakan untuk starter atau menghidupkan mesin. Untuk memeriksanya anda bisa melakukan starter langsung, jika kondisi accu masih baik, maka mesin akan langsung menyala. Namun jika tidak, maka kondisi accu sedang tidak baik. untuk itu and aperlu memeriksa accu dan beberapa konektor yang berhubung langsung dengan pembangkit mesin. Jika perlu anda mengganti accunya terlebih dahulu agar lebih baik.

  1. Periksa MCB pembebanan listrik

Hal ini penting dilakukan agar listrik yang dialirkan tidak menjadi masalah. Untuk itu pastikan MCB panel menuju generator dan saklar PLN dalam kondisi off. Hal ini untuk mengindari penyebaran arus yang tidak teratur yang nantinya akan menyebabkan kecelakaan fatal.

Itulah beberapa tips menggunakan genset bagi pemula. Untuk itu kunjungilah Sewatama yang menyediakan layanan service genset 24 jam yang bisa dipesan secara online maupun offline.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*