Tips Memilih Pembiayaan Perumahan yang Sesuai dengan Type dan Lokasi Rumah

pembiayaan rumah

Kebutuhan akan rumah tinggal semakin tinggi sesuai dengan perkembangan manusia di Indonesia yang juga semakin banyak. Akan tetapi daya beli masyarakat satu dan lainnya tidaklah sama sehingga diperlukan berbagai jenis perumahan untuk mengakomodir semua kebutuhan tersebut. Selain jenis perumahan, cara pembayaran juga sebaiknya diberikan dalam jenis yang beragam sehingga calon pembeli bisa memilih sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Hal tersebut memang sudah banyak dilakukan oleh penyedia perumahan yang bekerja sama dengan perbankan namun tetap saja kebijakan bank yang berlainan memberikan rincian pembiayaan perumahan yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang ingin memiliki rumah sendiri namun dengan harga yang lebih terjangkau, ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih antara lain:

1. Lokasi.

Lokasi perumahan bisa menjadi factor yang menyebabkan harga jual rumah menjadi sangat mahal ataupun sangat murah. Kota dan desa memiliki pasaran rumah yang sangat berbeda begitu juga dengan lokasi di tengah kota dengan yang di pinggiran kota. Jika Anda ingin memiliki rumah dengan harga lebih terjangkau, pemilihan lokasi bisa disesuaikan.

2. Type rumah.

Rumah besar dan bertingkat pastinya lebih mahal dibandingkan dengan rumah yang lebih kecil. Sisa tanah juga menjadi bahan perhitungan. Jika ingin sebuah rumah yang nyaman namun dengan harga terjangkau Anda bisa memilih rumah dengan bangunan lebih kecil namun masih memiliki sisa tanah yang bisa dimanfaatkan.

3. Pemilihan bank.

Memiliki penyedia kredit juga bisa mempengaruhi besaran cicilan Anda. Suku bunga yang ditetapkan oleh bank berlainan yang bisa mempengaruhi perbedaan besaran cicilan. Pilihlah bank dengan suku bunga terendah. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memesan rumah bersubsidi sehingga cicilan menjadi jauh lebih kecil.

Semua data dan riset mengenai pembiayaan perumahan bisa Anda dapatkan dengan membuka situs informasi dari Hfis-SMF yang menyediakan semua data untuk mengambil keputusan dalam bidang property. Jangan membeli sebuah perumahan terlebih dahulu sebelum Anda membaca dan mendapatkan informasi lengkap dari Hfiz-SMF yang bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui website resminya.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*