Tips Membeli Sepeda Motor Bekas Secara Online

jual-sepeda-motor-bekas

Berkat semakin berkembangnya teknologi, membeli sepeda motor bekas kini sudah bisa dilakukan secara online di internet. Dengan adanya pembelian lewat internet ini, tentunya si pembeli tidak perlu lagi repot-repot membelinya ke tempat penjualan sepeda motor, lantaran sudah banyaknya penjualan sepeda motor bekas yang dijual online. Yang paling menarik lagi, ketika membeli motor bekas ini melalui internet, pembeli bisa membayarnya secara cash maupun menyicilnya setiap bulan. Dan, biasanya harga jual dan pembayaran cicilan sepeda motor bekas yang ditawarkan oleh si penjual online pun, jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan tempat penjualan sepeda motor. Namun tentunya Anda tetap harus berhati-hati agar terhindar dari kesalahan saat kredit motor yang nantinya jutru merugikan Anda.

jual-sepeda-motor-bekasMeskipun demikian, sebaiknya Anda harus selalu berhati-hati saat membeli sepeda motor bekas ini secara online. Mengapa? Tentu saja, hal ini untuk menghindari terjadinya tindak penipuan yang dilakukan oleh penjual online. Untuk itu, sebelum membelinya lewat online di internet, alangkah baiknya Anda harus memerhatikan beberapa tips di bawah ini. Yuks, langsung saja disimak:

  1. Bertemu dengan penjual. Membeli sepeda motor bekas terkadang tidak mengharuskan Anda untuk berjumpa langsung dengan si penjualnya. Namun, untuk mengurangi resiko penipuan sebaiknya terlebih dahulu Anda bertemu dengan penjual, yang akan menjual sepeda motornya, dan juga saat bertemu ini periksa pula kondisi sepeda motor yang akan dibeli. Apabila rasanya rumah Anda terlalu jauh dengan si penjual, maka Anda bisa meminta saudara maupun teman untuk bertemu dengan penjual, dan minta tolong juga untuk melihat kondisi sepeda motornya.
  2. Meminta penjual memotret sepeda motor lengkap dengan surat-suratnya. Agar lebih meyakinkan Anda ketika akan membeli sepeda motor bekas ini, alangkah baiknya mintalah kepada si penjual untuk memoto langsung sepeda motornya lengkap dengan semua surat-surat yang diperlukan seperti STNK dan BPKB, KTP, dan surat lainnya yang dibutuhkan. Tapi, semua foto yang diberikan oleh penjual haruslah bisa terbaca oleh Anda dan sangat jelas. Sedikit saran! Minta pula foto si penjual yang akan menjual motornya, dan cocokkan dengan foto yang ada di KTP.
  3. Menanyakan kejelasan berapa biaya yang harus dibayar. Sebelum melakukan proses transaksi, tanyakanlah kejelasan berapa biaya yang harus dibayar. Jangan tiba-tiba ketika sepeda motor sudah dikirim, malah si penjual meminta biaya tambahan lagi kepada Anda. Namun, apabila memang ada biaya tambahan, tanyakan dengan pasti untuk apa biaya yang diminta tersebut.
  4. Jika perlu, tanyakan pula pekerjaan penjual. Supaya Anda terhindar dari tindak penipuan di internet, Anda juga bisa menanyakan pekerjaan yang sedang ditekuni penjual. Jika si penjual mengaku dirinya adalah seorang yang sangat sukses, dan terkadang ada yang mengaku-ngaku sebagai orang yang berpangkat tinggi, sebaiknya Anda harus berhati-hati dengan penjual yang seperti ini, dikarenakan tidak sedikit penipu yang mengaku dirinya sangat sukses dan berpangkat ketika meyakinkan pembeli. Patut untuk diingat! Anda jangan langsung percaya begitu saja.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan, apabila mau membeli sepeda motor bekas secara online. Semoga membantu! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*