Tips Membeli Alat Masak Agar Tidak Salah Pilih

peralatan masak

Akhirnya setelah menunggu sekian lama, statusmu yang tadinya lajang kini berubah menjadi ibu rumah tangga. Untuk membahagiakan sang suami, salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat masakan enak dan lezat. Sayangnya, untuk membuat masakan yang enak dan bikin nagih ini membutuhkan budget yang lumayan banyak. Tak hanya soal bahan-bahan masakannya, kamu pun mesti membeli alat-alat masak yang lengkap dan juga mesti tepat sesuai kebutuhanmu. Sebelum kamu membeli alat masak di mall atau toko online, sebaiknya kamu cek beberapa tips membeli alat masak agar tidak salah pilih berikut ini.

  • Material

Sebelum membeli alat masak di pasaran, ada baiknya kamu mengetahui beberapa material yang biasa digunakan untuk alat masak. Stainless steel merupakan material yang paling sering digunakan untuk alat masak. Sesuai namanya, alat masak stainless steel ini pastinya anti noda dan goresan. Sayangnya, alat masak stainless steel ini kurang bisa menghantarkan panas. Material lainnya yaitu cast iron atau besi tuang. Alat masak cast iron memiliki daya tahan yang sangat kuat sekaligus tahan lama. Namun alat masak cast iron ini lumayan berat dan susah untuk dibersihkan. Alat masak aluminum juga bisa kamu gunakan. Alat masak yang terbuat dari aluminum mampu menghantarkan panas dengan sangat baik dan harganya sangat murah. Namun alat masak aluminum ini mudah tergores dan bereaksi terhadap cairan asam.

  • Penghantar Panas

Alat masak yang bagus tentunya mampu menghantarkan panas dengan baik. Beberapa material yang digunakan untuk alat masak mampu menghantarkan panas dengan sangat baik, namun beberapa lainnya tidak. Kalimat ‘penghantar panas yang baik’ disini bukan berarti mampu lebih cepat dalam menghantarkan panas. Jika terlalu cepat menghantarkan panas, maka bumbu-bumbu tidak meresap dengan baik. Material terbaik yang mampu menghantarkan panas secara tepat yaitu cast iron. Untuk opsi yang lebih murah, kamu bisa membeli alat masak aluminum atau chopper.

  • Daya Tahan

Jika kamu membutuhkan alat masak untuk keperluan jangka panjang, tentu kamu mesti membeli alat masak dengan daya tahan yang baik. Percuma saja kamu membeli alat masak yang harganya mahal, jika dalam sebulan sudah rusak. Perlu kamu ketahui, alat masak yang memiliki daya tahan paling kuat yaitu alat masak stainless steel. Stainless steel merupakan kombinasi karbon, baja, dan kromium, jadi pastinya sangat kuat. Namun alat masak stainless steel ini tidak terlalu bagus dalam menghantarkan panas. Apabila kamu membutuhkan alat masak yang mampu memproses masakan dalam waktu sebentar, alat masak stainless steel ini kurang cocok untuk kebutuhanmu.

  • Harga

Tak dapat dipungkiri, semakin banyak brand alat masak yang bisa kita temukan di internet.  Masing-masing brand tentunya menawarkan produk dengan spesifikasi yang berbeda. Agar tak salah pilih, sebaiknya sesuaikan kebutuhanmu dengan budget yang kamu miliki. Untuk menghemat biaya belanja alat masak, sebaiknya kamu manfaatkan promo Bukalapak. Selain lewat situs Bukalapak, kamu juga bisa menemukan promo dari Bukalapak ini lewat link https://www.hadiah.me/bukalapak. Hadiah.me merupakan salah satu situs yang bekerjasama dengan Bukalapak, jadi kamu bisa menemukan berbagai penawaran promo dari Bukalapak lewat Hadiah.me.

  • Kereaktifan

Beberapa alat masak terlalu reaktif terhadap zat-zat tertentu, salah satunya yaitu zat asam. Tentunya hal tersebut mesti menjadi concern utama kamu karena alat masak yang terlalu reaktif dapat menghasilkan zat-zat yang membahayakan kesehatan. Misalnya seperti alat masak aluminum dimana alat masak ini sangat reaktif terhadap tomat dan juga cairan-cairan asam. Jika kamu ngotot untuk membeli alat masak aluminum, maka pastikan kamu tidak memasukan tomat atau bahan-bahan asam lainnya kedalam daftar resep harianmu.

Jangan pernah asal dalam membeli alat masak karena jika salah beli, maka kamu sendiri yang akan menanggung akibatnya. Setelah membaca beberapa tips diatas, kami yakin kamu bisa memilih dan membeli alat masak yang paling tepat. Temukanlah alat masak yang paling tepat agar aktivitas masak memasakmu menjadi lebih fun dan lebih aman.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*