Tips Memasak Pare Agar Tidak Pahit

memasak-pare

Masakan rumah selalu spesial di hati, apalagi jika dibuat oleh orang yang disayangi. Pastinya, masakan akan terasa lebih istimewa.

Nah, dari sekian banyaknya Masakan Rumahan, pernahkah Anda mengolah pare? Bagaimana dengan rasanya? Jika masih terasa pahit, mungkin informasi ini akan membantu.

Di sini, Anda akan menemukan resep memasak pare, kemudian menemukan pula bagaimana caranya agar pare tidak terasa begitu pahit.

memasak-pareCaranya Agar Pare Tidak Terasa Begitu Pahit

Perlu diketahui, pare merupakan satu jenis sayuran yang bagus untuk dikonsumsi. Sayangnya, jarang yang memanfaatkannya karena rasanya yang amat pahit.

Bagi yang sadar akan kesehatan, mau tidak mau pare juga akan dikonsumsi. Salah satunya adalah dengan membuat jus pare. Selain itu, ada juga yang mengolahnya menjadi semacam masakan khas di rumah.

Mengenai bagaimana caranya menghilangkan rasa pahit bawaan pare, ada tips khusus yang bisa Anda terapkan sebelum memasaknya.

Caranya cukup dengan mengupas atau mengiris-iris pare tersebut. Tapi perlu diingat, jangan kenakan dengan air, misalnya dijadikan sebagai sayur berkuah. Cukup dibuat menjadi tumisan saja.

Maksudnya, setelah Anda mengupas dan mencucinya, langsung lap sampai kering. Baru Anda buat menjadi semacam olahan sehat di rumah.

Karena rasa pahit itu berawal dari zat asli di dalamnya. Jika terkena air, airnya akan sangat pahit. Dan inilah yang membuat rasa olahan pare semakin pahit.

Cara Buat Tumisan Pare

Rasa pahit setidaknya tidak begitu kental jika pare dimasak dalam bentuk tumisan. Untuk membuatnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama, pilihlah pare yang masih bagus kualitasnya. Anda bisa dapatkan dari pasar tradisional / pasar semacamnya.

Kedua, belah pare dan buang isinya. Ini dimaksudkan untuk mengambil dagingnya saja agar rasanya tidak begitu pahit.

Ketiga, iris-iris pare dan rebuslah selama beberapa menit. Setelah itu, angkat dan keringkan. Pastikan tidak menggunakan airnya agar rasanya lebih enak.

Keempat, panaskan minyak dan tumis bawang putih. Baru kemudian masukkan pare yang sudah diiris dan dikeringkan ke dalam tumisan. Kemudian, masukkan pula gula dan garam sebagai bahan pembuat tumisan.

Kelima, aduk sampai merata dengan memasaknya di atas panas api yang sedang. Baru kemudian sajikan di atas piring. Selesai.

Itu resep sederhana untuk membuat tumis pare yang enak, tidak berasa pahitnya. Jadi, sudahkah Anda menyajikan masakan rumahan berbahan dasar pare saat ini?

Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*