Tips Bebagai Olahan Makanan dari Telur

roti bakar telur setengah matang

Apa yang ada dibenak Anda jika mendengar istilah olahan resep makanan enak yang terbuat dari bahan utama telur? Telor mata sapi, terik telur, dan telur balado mungkin yang Anda pikirkan. Kini, Anda akan mendapatkan lebih banyak ide masakan olahan yang enak lainnya di mana bahan yang digunakan masih sama, yaitu telur. Anda bisa pilih sendiri satu di antara resep makanan telur berikut ini yang bisa Anda jadikan menu masakan keluarga hari ini.

Roti Bakar Telur Setengah Matang

Umumnya, roti bakar dilapisi dengan selai seperti cokelat, keju, atau kacang. Namun, kini ada ide menarik lagi, yaitu roti bakar yang dicampur dengan telur setengah matang. Bagaimana cara membuatnya?

Yang pertama, siapkan roti. Anda bisa gunakan dua lapis roti tawar. Olesi dengan Bolognese di kedua lapisan roti tersebut.

Langkah yang kedua, buat cekungan di bagian tengah roti. Anda bisa gunakan punggung sendok untuk membuat cekungan tersebut.

Yang ketiga, taruhlah telur pada cekungan tersebut. Agar lebih lezatnya nantinya, taburi dengan oregano.

Langkah yang terakhir panggang hingga roti dan telur setengah matang. Roti bakar telur setengah matang siap disajikan sebagai menu sarapan.

Sempol Telur

Sudah biasa jika Anda makan sempol ayam. Namun, kini Anda makan sempol telur. Bagaimana cara membuatnya?

Yang diperlukan adalah berbagai jenis tepung seperti tepung terigu, tepung mocaf, dan tepung tapioka. Tepung tersebut dicampur dengan garam serta kaldu bubuk. Tambahkan sedikit air agar tepung bisa dibentuk. Jika adonan sudah siap, lilitkan pada tusuk sate.

Selanjutnya, Anda perlu merebus air. Lilitan yang sudah Anda buat dimasukkan ke dalam air yang mendidih selama kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit, tiriskan semua lilitan tersebut.

Siapkan telur. Kocok dengan kaldu bubuk dan sedikit air. Langkah selanjutnya adalah proses penggorengan. Goreng lilitan tersebut setengah mateng lalu tuangkan kocokan telur sedikit demi sedikit agar membungkus adonan yang ada pada lilitan. Lalu, goreng lagi hingga kering. Sempol telur siap disajikan. Agar lebih nikmat, Anda bisa sajikan dengan saos tomat. Ini bisa Anda jadikan cemilan yang sehat bersama keluarga, bukan?

Dan masih banyak lagi ide olahan resep makanan berbahan dasar telur yang menarik lainnya. Semakin Anda kreatif dalam memasak, maka Anda bisa menyulap telor menjadi makanan yang unik, lezat, dan berbeda.

Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*