Tips Aman dan Nyaman Menggunakan Transportasi Online

transportasi online

Tidak bisa disangkal, sebagian besar masyarakat Jabodetabek kini bergantung dengan jasa transportasi online. Kemudahan dan kemurahan yang ditawarkan membuat para penumpang memercayakan mereka untuk menjadi moda transportasi sehari-hari. Tinggal membuka ponsel, aktifkan paket internet cepat dan murah, lalu pesan menggunakan aplikasi, kendaraan online pun siap untuk mengantar kita.

Akan tetapi, tetap harus ada hal-hal yang kita lakukan untuk aman dan nyaman dalam menggunakan jasa transportasi online. Berikut daftarnya:

  1. Jaga sikap dan komunikasi dengan Dengan menggunakan jasa transportasi online, kita memang tidak bisa menentukan siapa driver yang akan menjemput kita. Kita pun hanya tahu sebatas nama dan foto yang terdapat pada profil si driver. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebagai penumpang sebaiknya kita menjaga sikap dan juga menjaga komunikasi dengan driver yang menjemput kita. Bersikaplah sopan, jawab dengan ramah jika si driver menanyakan sesuatu, dan tetap berlaku pada batas-batas moral. Percaya deh, kalau kita sopan maka si driver juga akan menjadi segan dengan kita.
  2. Cek google maps sebelum pergi. Jika kita tidak mengetahui alamat yang hendak dituju secara pasti, jangan malas untuk mengecek google maps dulu dan mencatat patokan-patokan yang bisa dijadikan bantuan untuk mencapai lokasi. Memang sih, biasanya para driver lebih hapal rute jalan dibandingkan kita. Akan tetapi, kalau tanpa sengaja kita mendapatkan driver yang sama butanya dengan kita? Bahaya, kan? Jadi, jangan malas mengecek peta, ya!
  3. Antisipasi dengan rencana cadangan. Jangan hanya menggantungkan moda transportasi kita dengan aplikasi jasa online. Mengapa? Pasalnya aplikasi ini sangat tergantung dengan koneksi internet dan juga server. Tidak jarang kita mengalami order yang error atau koneksi internet yang tiba-tiba down sehingga kita tidak bisa mengakses aplikasi. Kalau sudah begini, repot kan? Jadi, selalu siapkan rencana cadangan, ya!
  4. Selesai menggunakan jasa transportasi online, jangan lupa beri rate untuk drivernya. Jangan pelit membrikan rate kepada driver karena reputasi mereka bergantung pada bintang yang diberikan oleh customer. Jika driver tidak macam-macam atau tidak berlaku aneh, maka sebisa mungkin berikan mereka bintang lima. Hal ini tidak akan merugikan kita juga kok.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa nyaman menggunakan transportasi online. Semoga membantu dan selalu hati-hati di jalan, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*