Tiga Pelajaran Hidup dari Novel The Fault in Our Stars

novel-the-fault-in-our-stars

The Fault in Our Stars merupakan novel fenomenal karya novel John Green. Novel ini telah diangkat menjadi film layar lebar, yang juga sudah tayang di beberapa channel tv kabel. Kisah dari Hazel dan juga August tidak hanya menyentuh hati, tetapi juga mengajarkan kita tentang kearifan hidup dan pentingnya mengapresiasi tiap detik yang kita jalani di dunia ini. Berikut tiga pelajaran hidup yang bisa diambil setelah membaca novel The Fault in Our Stars.

  1. novel-the-fault-in-our-starsHidup tidak selalu berjalan seperti yang kita inginkan. Hazel dan Augustus tidak pernah merencanakan penyakit yang mereka derita dan juga tidak pernah berencana untuk mengambil downhill spiral trip di Amsterdam, tetapi mereka mempelajari sesuatu yang tidak mereka ketahui sebelumnya. Belajar dari hal tersebut, kita tidak bisa bertindak dengan menetapkan apa-apa yang terjadi pada hidup di waktu yang spesifik. Hidup tidak berjalan layaknya kalender.
  2. Selalu bersikap baik pada siapa pun; setiap orang mempunyai ‘medan perangnya’ masing-masing. Dari buku The Fault in Our Stars, kita bisa belajar tentang bagaimana cara menghargai orang lain. Kita cenderung tenggelam pada masalah pribadi sehingga menganggap bahwa masalah orang lain lebih sederhana dibanding masalah kita. Padahal, everyone is fighting something. Belajarlah cara menghargai mereka. Sebelum menghakimi seseorang terhadap sesuatu yang mereka lakukan, cobalah untuk memosisikan diri kita pada sudut pandang orang tersebut.
  3. ‘The world is not a wish-granting factory”- John Green. Salah satu quotes paling fenomenal dari The Fault in Our Stars. Selama hidup di dunia, kita akan menghadapi tantangan hidup yang tentu tidak mudah. Akan tetapi, semua hal tersebut akan membuat kita lebih kuat dan lebih mengapresiasi kehidupan. Dari buku ini, kita diajarkan untuk bersyukur terhadap semua kondisi yang terjadi di hidup kita. Everything happens for a reason; seperti Hazel yang tidak ingin datang ke perkumpulan kanker namun justru di sanalah ia dipertemukan dengan August. Jalani saja semua hal yang datang ke hidup kita dan percayalah semua itu akan mendekatkan kita dengan sesuatu yang sangat baik untuk kita.

Nah, kalau kamu sudah baca buku The Fault in Our Stars? Pelajaran apa yang kamu ambil dari novel ini? Share di kolom komentar, yuk!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*