Tidur Berkualitas Tidak Hanya Berkaitan Dengan Durasi

tidur nyenyak

Ada banyak cara untuk mempertahankan agar stamina tubuh tetap fit. Misalnya dengan mengonsumsi multivitamin untuk stamina, menjaga asupan nutrisi, mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan metabolisme tubuh, dan memiliki waktu istirahat yang cukup. Yap, memiliki waktu istirahat yang cukup memang sangat penting untuk menjaga stamina. Akan tetapi, ada satu hal yang tidak kalah penting, yaitu tidur yang berkualitas.

tidur nyenyakBanyak orang mengira, tidur selama 7 hingga 8 jam berarti sudah cukup untuk menjaga stamina. Padahal, hal tersebut percuma jika tidur yang dilakukan tidaklah berkualitas. Bahkan, jika Anda bisa memiliki tidur yang berkualitas, meskipun waktu istirahat Anda cenderung pendek hal ini akan sangat bermanfaat.

Nah, mungkin Anda masih merasa bingung, apa sih sebenarnya tidur yang berkualitas itu? Menurut the National Sleep Foundation yang dikutip dari situs 1health, tidur berkualitas adalah tidur yang memenuhi 4 syarat berikut ini:

  • Anda hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam untuk dapat tidur pulas
  • Anda tidak terbangun lebih dari satu kali di malam hari
  • Ketika Anda terbangun di malam hari, Anda hanya membutuhkan waktu maksimal 20 menit untuk dapat tidur pulas kembali
  • Sebanyak 85 persen dari waktu yang Anda habiskan di tempat tidur, digunakan sebagai waktu tidur Anda

Keempat syarat di atas didapatkan berdasarkan hasil peninjauan para peneliti terhadap 277 studi mengenai kualitas tidur yang baik. Berdasarkan dari keterangan di atas, sudah jelas bahwa ternyata tidur berkualitas tidak hanya berkaitan dengan durasi. Lalu, bagaimana untuk mendapatkan tidur yang berkualitas? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  1. Redupkan pencahayaan
  2. Jauhkan gadget dari jangkauan Anda
  3. Buat suasana kamar senyaman mungkin
  4. Bersihkan tempat tidur

Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak perlu memenuhi kebutuhan tidur 7 jam seharinya, ya! Sebab, menurut situs cnnindonesia, ada tiga elemen yang menentukan kualitas tidur yang baik, yaitu:

  • Durasi. Lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk tidur dalam satu hari. Setidaknya, orang dewasa membutuhkan waktu 7-8 jam per harinya untuk memenuhi durasi waktu ini.
  • Apakah Anda tidur secara terus menerus selama 7 jam tanpa terbangun sama sekali di malam hari? Jika Anda terbangun, maka bisa dikatakan tidur Anda tidak berkualitas. Khususnya jika Anda terbangun lebih dari satu kali dalam satu malam.
  • Kedalaman tidur. Tingkat kedalaman atau nyenyaknya tidur Anda. Jika Anda benar-benar terlelap hingga tak menyadari apapun yang terjadi di sekitar Anda, dan terbangun dengan segar keesokan harinya, hal ini menandakan tidur Anda berkualitas.

Bagaimana dengan tidur Anda selama ini, apakah sudah berkualitas atau belum? (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*