Tidak Ada Waktu Bacakan Cerita Dongeng Anak, Ini Akibatnya!

Bacakan Cerita Dongeng Anak

Beruntung sekali jika Anda selama ini rajin membacakan cerita dongeng anak. Mungkin Anda tidak tahu apa saja manfaat dari kegiatan ini. Karena memang efek positif bagi perkembangan anak sangat banyak. Dan sayangnya lebih banyak orang tua yang menyesal ketika anaknya sudah dewasa lantaran mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak memiliki waktu untuk membacakan cerita dongeng anak.

Lihatlah apa yang terjadi ketika dewasa nanti ketika anak tidak sering mendengarkan orang tua mereka membacakan dongeng anak.

  • Anak Susah Diatur

Sebenarnya, membacakan cerita anak itu bagian dari cara yang paling tepat untuk membangun ikatan batin antara orang tua dan anak. Dan jika ikatan ini sudah kuat, maka orang tua tidak perlu marah jika mereka ingin melarang anak melakukan sesuatu. Karena dengan cara diberi nasehat saja, anak sudah “manut” dan patuh dengan apa yang dikatakan oleh orang tuanya.

  • Anak Cenderung Nakal

Membanggakan sekali memang jika memiliki anak yang cerdas. Namun, lebih membanggakan jika memiliki anak dengan kepribadian yang baik. Dan untuk membangun kepribadian yang baik ini bisa dilakukan dengan cara membacakan cerita dongeng anak di mana cerita tersebut memberikan teladan yang baik untuk anak.

Bacakan Cerita Dongeng Anak

Itulah mengapa para ahli psikologi anak menyarankan agar orang tua membacakan dongeng ketika anak akan tidur. Ketika ia sedang dalam masa transisi menuju ke alam bawah sadar, disarankan agar orang tua memberikan “wejangan” atau nasehat dari cerita yang baru saja dibacakan. Karena nasehat tersebut ternyata akan terekam di otak anak hingga dewasa nanti.

  • Kecerdasan Emosional Kurang

Membuat anak bisa berempati kepada orang lain itu sulit. Yang mudah adalah mengajari anak tentang mata pelajaran yang ada di sekolah. Membangun kecerdasan emosional memang tidak mudah. Lebih mudah mengajarkan kecerdasan kognitif. Dan inilah yang menjadi PR orang tua bagaimana mereka bisa membangun kecerdasan emosional dari rumah, bukan di sekolah. Dan hal tersebut bisa membuat anak Anda mudah bersosialisasi dan menolong sesama.

Salah satu caranya tidak lain dengan membacakan dongeng anak. Anda bisa memilihkan dongeng tentang karakter yang baik, superhero, atau tokoh pahlawan.

Kenapa Anda tidak mulai meluangkan waktu untuk membacakan dongeng cerita anak setidaknya ketika si kecil akan tidur? Jangan sampai Anda menyesal nanti.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*