Stadion Mohammed Bin Rashid di Dubai

stadion-mohammed-bin-rashid-dubai

Dubai lagi-lagi menahbiskan dirinya sebagai lokasi paling futuristik sejagad raya. Pasalnya, setelah membangun puluhan bahkan ratusan bangunan bernuansa modern, kini Dubai kembali muncul dengan rancangan stadion olahraga yang ekstramegah. Pokoknya, jika dibandingkan dengan perkembangan properti Indonesia, kita benar-benar tidak ada seujung kukunya, deh!

Yap, mega proyek yang kali ini diusung oleh Dubai memang bukan hotel, restoran, ataupun usaha ritel. Stadion olahraga ini digadang-gadang akan menjadi stadion terbesar dan termegah di dunia. Konon, stadion yang diberi nama Mohammed Bin Rashid ini memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 60.000 kursi yang dibagi menjadi empat bagian. Bagian teratas terdiri atas 23.116 kursi, bagian bawahnya 6.688 kursi, untuk VIP sebanyak 8.941 kursi, dan terakhir untuk segmen VIP Suites sebanyak 1.642 kursi. Nama stadionnya sendiri diambil dari nama Sheikh Mohammed Bin Rashid, wakil presiden dan juga perdana menteri Uni Emirat Arab dan juga pemimpin Dubai.

stadion-mohammed-bin-rashid-dubaiNantinya, stadion ini tidak hanya difungsikan sebagai lapangan sepak bola tetapi juga menjadi area komunitas olahraga terbesar di Dubai. Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap, mulai dari tempat latihan, ruang kesehatan untuk atlet, parkir yang luas, museum, aula serbaguna, restoran, dan juga taman. Pembangunannya sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu dan direncanakan akan selesai pada tahun 2017 untuk menyambut kompetisi Future Sport Competition di Dubai.

Desain stadion Mohammed Bin Rashid ini bertolak dari standar FIFA agar bisa digunakan sebagai lokasi pertandingan untuk ajang sepak bola berskala internasional. Tampak luar stadion ini mirip dengan mangkok yang seolah muncul dari bawah tanah. Meski terlihat sangat futuristik, bangunan ini juga ramah lingkungan, lho. Dengan dibungkus oleh fasad berongga, udara di dalam stadion akan tetap terasa sejuk meski tanpa pendingin ruangan.

Jika Anda berkesempatan datang ke Dubai tahun depan, maka jangan lupa untuk menyambangi stadion ini, ya. Tidak hanya arsitekturnya saja yang menawan, semua detail-detail interior di dalamnya pun sangat menarik untuk ditelisik. Selamat mencoba!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*