Saldo Tabunganmu Sering Berkurang? Biaya ini Penyebabnya

rekening buku tabungan

Menabung di bank memang merupakan cara yang paling nyaman dan aman, apalagi jika bank tersebut difasilitasi dengan software perbankan yang canggih. Meskipun fasilitas mobile banking memiliki kelebihan dan kekurangan, tetap saja membantu kegiatan menabung dan transaksi menjadi lebih praktis dan mudah. Namun, mungkin kamu pernah mendengar keluhan beberapa orang yang tiba-tiba saldonya berkurang cukup banyak tiap bulannya.

Memang ada beberapa biaya yang perlu dibayarkan secara otomatis dari rekening, seharusnya hal ini sudah dijelaskan dari awal agar nasabah tidak bingung. Akan tetapi, bisa saja terjadi miskomunikasi dan beberapa hal lain yang menyebabkan nasabah tidak tahu pasti biaya apa saja yang diambil dari saldo rekening. Untuk itu, simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini soal biaya-biaya apa saja yang biasanya perlu disetorkan secara otomatis dengan memotong jumlah saldo. (source: ruangshare)

  • Biaya saldo minimal. Meskipun tetap tertera sejumlah nominal di rekeningmu, saldo minimal tetap mengendap dan tidak bisa ditarik. Namun, ada beberapa bank yang tidak menentukan saldo minimal sehingga tidak memberatkan.
  • Pajak dari bunga. Untuk kamu yang memiliki jumlah tabungan atau deposito di atas Rp7.500.000, wajib dikenakan pajak penghasilan dari bunga sebesar 20% yang dipotong secara otomatis oleh bank. Namun buat kamu yang tabungannya belum mencapai nominal tersebut, tak perlu khawatir karena belum wajib untuk membayarkan pajak tersebut.
  • Biaya administrasi. Biaya inilah yang akan dikurangi dari saldomu setiap bulanan. Biaya administrasi ini diperuntukkan untuk pelayanan bank. Namun, besarnya biaya administrasi pada tiap-tiap bank tidak sama. Sebelum membuka rekening, lebih baik kamu mengecek dulu berapa jumlah biaya administrasi yang ditetapkan oleh setiap bank. Jika tidak ingin saldo terpotong, kamu bisa memilih bank yang membebaskan biaya administrasi ini.
  • Biaya transfer dan cek saldo di ATM. Nah, biaya ini yang biasanya cukup mahal. Jika menransfer sejumlah uang ke bank yang berbeda, biasanya kamu akan dikenakan biaya tambahan di luar biaya administrasi bulanan. Begitu pula jika memeriksa saldo di ATM selain dari bank yang kita gunakan, biasanya saldo kita akan terpotong sekitar Rp6000,-. Jumlah yang umayan besar jika kita terus menerus melakukan hal ini.

Itu dia beberapa biaya yang bisa mengurangi jumlah saldomu. Jadi, perhatikan ketentuan bank secara teliti terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas perbankan agar tidak kaget ketika saldo tiba-tiba berkurang. (Rima)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*