Resep Bolu Kukus Enak dan Lezat untuk Berbuka Puasa

Wah, gak kerasa sebentar lagi umat Muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan penuh berkah yakni bulan Ramadhan. Nah, buat para Bunda di rumah, udah pada tau belum nih mau memasak camilan apa di saat berbuka nanti? Jika belum, mending masukin salah satu camilan enak yang biasa dikenal dengan nama bolu kukus ke dalam daftar menu berbuka puasa, deh. Meski, camilan bolu kukus ini biasanya hanya kita temukan di berbagai acara pernikahan maupun acara adat lainnya, namun tidak ada salahnya kan Bunda memasukkan camilan yang satu ini ke dalam daftar menu saat berbuka Puasa? Terlebih lagi, jika Bunda sudah mengetahui resep kue kukus dengan rasa yang sangat enak, dijamin keluarga pun akan suka dengan camilan bolu kukus ini meskipun tengah dimakan ketika berbuka Puasa.

Untuk para Bunda yang ingin membuat camilan bolu kukus ini di saat bulan Puasa, yuks langsung menyimak cara pembuatannya di artikel ini, check it out.

Sebelum membuat bolu kukus ini, terlebih dahulu Bunda harus menyiapkan beberapa bahan yang akan dijadikan sebagai adonan. Apa sajakah itu? Ini dia beberapa diantaranya:

Bahan-bahan yang harus disiapkan,

  1. Telur 2 butir
  2. Gula pasir 200 gr
  3. Tepung terigu 275 gr
  4. TBM/SP 2 sdt
  5. Baking powder ½ sdt
  6. Pewarna makanan hijau, merah, kuning, biru, pink
  7. Minuman bersoda tawar 225 ml
  8. Esens vanili ½ sdt
  9. Kertas khusus bolu kukus sesuai selera

Setelah menyiapkan berbagai bahan yang akan digunakan untuk adonan bolu kukus, maka selanjutnya kita memasuki tahap pembuatan.

Cara Membuat bolu kukus enak dan lezat,

  1. Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membuat bolu kukus enak ini adalah siapkan wadah yang cukup untuk adonan bolu kukus.
  2. Kemudian campurkan telur, gula pasir, dan emulsifier ke dalam wadah, dan kocok kurang lebih sekitar 10 sampai dengan 15 menit.
  3. Lalu, masukkan baking powder dan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan sebelumnya, sekaligus aduk hingga merata.
  4. Apabila sudah tercampur, maka selanjutnya tuangkan minuman bersoda bercita rasa tawar ke dalam adonan dan kembali diaduk. Jika minuma bersoda sudah bercampur dengan adonan, masukkan vanili ke dalamnya sambil diaduk.
  5. Supaya tampilan bolu kukus semakin menarik untuk dicicipi, maka pisahkan adonan beberapa sendok ke dalam piring yang berbeda dan beri pewarna makanan.
  6. Terakhir, masukkan adonan yang tidak diberi pewarna makanan ke dalam cetakan khusus bolu kukus yang dilapisi dengan kertas. Selanjutnya, di bagian paling atas hiasi dengan adonan yang sudah diberi warna.
  7. Dan, kukus adonan selama kurang lebih 10 menit.
  8. Bolu kukus enak dan lezat pun siap disajikan sebagai camilan di waktu berbuka Puasa.

Bagaimana? Mudah sekali bukan membuat bolu kukus yang memiliki rasa super lezat dan enak? Selamat mencoba!

Share on Facebook2Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*