Pilih Asuransi Mobil All Risk Atau TLO ?

asuransi-mobil-all-risk-atau-tlo

Saat membeli mobil baru, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Tidak hanya jenis atau brand mobil yang mau dibeli saja, asuransi mobil yang akan digunakan juga menjadi hal yang wajib dipikirkan baik-baik. Sebab, asuransi inilah yang nantinya akan melindungimu dari kerugian finansial yang mungkin terjadi akibat adanya musibah pada mobilmu.

asuransi-mobil-all-risk-atau-tloMelihat kondisi perjalanan yang bisa dibilang cukup berat saat ini, banyak orang yang memilih untuk menggunakan asuransi All Risk untuk melindungi mobilnya, dibandingkan dengan asuransi TLO (Total Lost Only). Alasannya sederhana, karena asuransi All Risk akan menanggung semua risiko yang mungkin terjadi pada mobil, dari mulai kerusakan minor hingga mayor, dan juga memberikan pertanggungan ketika mobil hilang. Ditambah lagi, asuransi ini bisa dilengkapi dengan beberapa asuransi lain sehingga perlindungan pada mobilpun akan sangat maksimal.

Jika melihat dari segi keuntungan yang didapatkan, memang wajar jika para pemilik kendaraan memilih asuransi ini. Akan tetapi, terkadang mereka melupakan satu hal yang tidak kalah penting, yaitu biaya premi yang juga pastinya akan semakin besar sesuai dengan jumlah risiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi. Nah, inilah yang harus dipikirkan baik-baik, apakah pertanggungan tersebut akan efektif dan senilai dengan biaya premi yang dibayarkan?

Pertimbangan tersebutlah yang terkadang membuat beberapa pembeli kendaraan memilih asuransi TLO dibandingkan All Risk. Memang, jumlah risiko yang ditanggung oleh asuransi ini sangatlah terbatas, namun sebenarnya sesuai untuk kamu yang memiliki budget terbatas. Asal kamu tahu, meskipun namanya adalah TLO atau Total Lost Only, namun asuransi ini tidak terbatas hanya menanggung kerugian akibat kehilangan kendaraan saja.Yap, asuransi ini sebenarnya juga menanggung biaya kerusakan mobil. Hanya saja, pertanggungan ini berlaku jika mobil mengalami kerusakan hingga mencapai 75 persen. Artinya, jika kerusakan pada mobil hanyalah minor seperti baret maka tidak akan mendapatkan pertanggungan. Namun, karena hal yang ditanggung tidak terlalu banyak, sehingga biaya preminya pun cenderung lebih terjangkau.

Jadi, antara asuransi all risk dan TLO, manakah yang lebih menguntungkan? Jawabannya tergantung pada kebutuhanmu. Apakah kamu adalah tipe orang yang akan selalu memperbaiki mobilmu meskipun hanya terdapat baret kecil? Ataukah kamu tidak terlalu peduli pada hal kecil seperti itu? Jika kamu adalah tipe yang pertama, maka asuransi All Risk akan tepat untukmu. Terlebih lagi jika kamu bertempat tinggal di area rawan bencana, maka asuransi all risk yang dilengkapi dengan asuransi tambahan sangat pas untukmu. Namun, jika kamu berada di luar kondisi yang telah disebutkan, maka sebenarnya menggunakan asuransi TLO juga sudah cukup. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*