Perhatikan Ini Saat Memotong Pipa

memotong pipa

Pipa PVC adalah salah satu material yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Bahkan karena harga pipa PVC yang tidak terlalu mahal, banyak orang yang sengaja membeli pipa dengan ukuran panjang melebihi kebutuhannya. Ada yang melakukannya sebagai cadangan, jika seandainya saja dia melakukan kesalahan dalam pengukuran dan membuat pipa yang sudah dipotong tidak bisa digunakan. Jadi, tidak perlu lagi pergi ke toko bangunan untuk membeli pipa. Namun, banyak juga yang sengaja membeli lebih karena berencana untuk membuat sesuatu dari pipa.

Apapun tujuan dari membeli pipa, ada satu hal yang pasti akan Anda lakukan yaitu memotong pipa. Yap, sifat pipa PVC yang kaku membuat Anda harus memotong dan kemudian menyambungkannya dengan penyambung pipa untuk membuatnya berbelok. Memang sih Anda bisa menggunakan cara untuk membengkokkan pipa, namun ada saatnya dimana Anda membutuhkan pipa dibelokkan dengan menggunakan penyambung. Biasanya untuk pipa berukuran pendek yang akan sulit dibelokkan dengan cara dibengkokkan.

Untuk proses pemotongannya sendiri sebenarnya tidaklah sulit, namun bukan berarti bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memotong pipa, diantaranya:

  • Pipa berbentuk bulat dan juga memiliki permukaan yang licin. Pada saat memotongnya, mungkin saja pipa agar bergeser atau berputar dan tentunya hal ini akan sangat berbahaya. Apalagi jika pemotongan pipa menggunakan gergaji besi biasa. Untuk itulah, pastikan untuk menggunakan penjepit untuk memastikan pipa tetap berada diposisinya dan tidak berputar saat dipotong.
  • Gunakanlah gergaji yang masih tajam untuk memotong pipa. Gergaji yang sudah tumpul akan membuat proses pemotongan pipa menjadi lebih lama dan justru beresiko membuat pipa mengalami keretakan. Hal ini tidak hanya berlaku pada gergaji manual saja, tetapi juga gergaji mesin.
  • Sebisa mungkin hindari penggunaan gergaji meja untuk memotong pipa. Sebab permukaan gergaji meja yang datar sementara bentuk pipa yang bulat beresiko membuat pipa tergelincir dan akan sangat berbahaya bagi Anda.
  • Selalu gunakan pelindung mata pada saat sedang memotong pipa. Sebab pada saat proses pemotongan terdapat serpihan dari pipa yang akan beresiko masuk ke dalam mata Anda dan akan menyebabkan munculnya iritasi.

Memotong pipa artinya Anda akan berhubungan dengan sebuah benda yang sangat tajam (gergaji) sehingga dibutuhkan konsentrasi penuh agar terhindar dari kecelakaan kerja. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest1Share on LinkedIn1

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*