Perbedaan SMS Banking dan Mobile Banking

sms dan mobile banking

Saat Anda melihat promo mobile banking di beberapa Bank di Indonesia, mungkin Anda tergiur untuk menggunakannya. Anda pasti akan mencari info apa saja syarat untuk membuat mobile banking tersebut pada orang-orang yang sudah membuat mobile banking, dan juga Anda akan bertanya langsung pada pihak Bank. Pada saat Anda bertanya pada pihak Bank mengenai syarat pembuatan mobile banking. Biasanya pihak Bank akan memberikan dua penawaran yaitu apakah Anda akan membuat SMS Banking atau Mobile Banking.

sms dan mobile bankingAnda mungkin masih bingung dengan kedua kata tersebut. Anda pasti menganggap SMS Banking dan Mobile Banking sama saja. Tidak ada perbedaan yang diberikan, disebabkan sama-sama dicek di Handphone. Tahukah Anda? ternyata SMS Banking dan Mobile Banking itu tidak sama loh. Berikut akan dijelaskan perbedaan keduanya:

  • SMS BANKING

Secara sederhana, SMS Banking adalah salah satu fitur teknologi yang berupa layanan bagi nasabah bank, yang mengijinkan para nasabah untuk mengakses akun bank melalui fitur SMS. Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh SMS Banking ini, salah satu yang paling banyak digunakan adalah layanan cek saldo rekening dan transfer dana. Setelah Anda mendapatkan layanan SMS Banking, biasanya Anda akan diberikan instruksi untuk menggunakannya. Ini juga bisa saja berbeda-beda antara Bank yang satu dengan Bank yang lainnya.

Biasanya, Anda dapat mengakses layanan ini melalui dua cara, bisa mengirimkan SMS atau melalui sebuah Menu (dijelaskan oleh pihak Bank) melalui mengakses sebuah nomor tertentu pada sebuah handphone, biaya SMS Banking juga berbeda beda, ada yang sekitar RP.500/SMS dan yang lainnya, dan yang terpenting adalah anda harus sudah yakin bahwa nomor hp anda telah didaftarkan sebelumnya.

Berikut layanan yang biasanya ditawarkan oleh SMS Banking:

  1. Transfer Uang/Dana
  2. Cek Saldo Rekening Tabungan
  3. Informasi Tagihan, Transaksi
  4. Pembayaran atas Pembelian
  5. Ganti PIN, dan lain lain
  • MOBILE BANKING

Mobile banking pada umunya disebut M-Banking yang merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagi fitur yang ada pada ponsel pintar (smartphone). Mobile Banking dapat Anda akses dengan dua cara yaitu menggunakan aplikasi dengan mengunduh aplikasi layanan mobile banking di app-store pada smarpthone Anda dan mengakses melalui menu provider seperti XL dan Telkomsel.

Mendaftar mobile banking android bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah melalui tahapan sebagai berikut:

  1. mengunduh di situs bank dimana Anda ikut layanan mobile banking
    1. Mengirim SMS dengan format sesuai dengan yang diberikan oleh bank di mana Anda menjadi nasabah, misalnya untuk bank mandiri ketik “Reg Mobile” lalu kirim ke nomor 3335
  2. Setelah aplikasi berhasil diunduh, silahkan membuat password dan identitas rahasia yang nantinya akan Anda gunakan untuk login
  3. Jika masih belum jelas silahkan menghubungi customer servis di bank Anda

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan perbedaan antara SMS Banking dan Mobile Banking. Semoga artikel ini bermanfaat yaaa. Salam –Sh–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*