Perbedaan Oli Mesin Untuk Kendaraan Anda

oli mesin

Cara menentukan oli mesin terbaik untuk kendaraan Anda terkadang harus serba pilih-pilih. Apabila Anda salah memilih oli untuk mesin kendaraan Anda, tidak menutup kemungkinan kendaraan Anda bisa rusak. Memakai oli mesin yang tidak pas dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda, akan beresiko pada penurunan performa mesin mobil Anda, dan yang parahnya lagi akan menyebabkan kerusakan mesin. Anda tidak mau kan terjadi kesalahan saat memilih oli mesin untuk kendaraan Anda?

oli mesinNah, untuk Anda yang tidak mau salah dalam memilih oli mesin untuk kendaraan Anda, maka di bawah ini akan dijelaskan sedikit perbedaan beberapa oli mesin untuk kendaraan Anda. Berikut penjelasannya:

  1. Oli Mineral

Oli mineral merupakan produk sampingan, hasil penyulingan minyak mentah untuk memproduksi bensin dan produk-produk berbahan dasar minyak bumi lainnya, sehingga keberadaannya berlimpah dan harganya sangat murah. Oli mineral hanya cocok digunakan untuk pelumasan mesin-mesin lawas dengan biaya operasional murah.

Mengingat oli ini bersifat sangat mudah menghasilkan kerak/ deposit, maka untuk memperbaiki performanya, perlu dicampur dengan zat-zat aditif, misalnya: viscosity index improver, deterjen, dispersant, anti oksidasi, anti karat, anti gesekan, anti buih, dll. Selain itu didalam pemakaiannya harus lebih sering diganti dengan yang baru mengingat range pemakaian oli ini + 2.500KM jarak pakai.

  1. Oli Sintetis

Oli Sintetis biasanya terdiri atas Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral. Inilah mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral dan sebaliknya. Basis yang paling stabil adalah polyol-ester (bukan bahan baju polyester), yang paling sedikit bereaksi bila dicampur dengan bahan lain.

Oli sintetis cenderung tidak mengandung bahan karbon reaktif, senyawa yang sangat tidak bagus untuk oli karena cenderung bergabung dengan oksigen sehingga menghasilkan acid (asam). Pada dasarnya, oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral.

  1. Oli Semi Sintetis

Oli jenis ini merupakan gabungan dari  oli mineral dan oli sintetis

Itulah perbedaan dari oli mesin untuk kendaraan Anda. Selamat Memilih –Sh–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*