Perbedaan Antara Couch dan Sofa

perbedaan-couch-dan-sofa

Meski kedua kata tersebut berasal dari bahasa yang berbeda, akan tetapi sebenarnya mereka merupakan benda yang sama.

perbedaan-couch-dan-sofaUntuk yang ingin mengganti sofa baru di apartment mega kuningan, mungkin sedang bingung memilih untuk menggantinya dengan sofa atau couch. Atau, jangan-jangan kamu juga masih bingung membedakan couch dan juga sofa? Jangan sedih. Sebab, perdebatan antara couch dan sofa memang sudah lama terjadi, bahkan di dunia barat sama. Memang, apa sih perbedaan antara kedua furnitur ini? Bukannya mereka memiliki fungsi yang sama, yakni untuk duduk? Nah, untuk Anda yang masih belum mengetahui perbedaannya, simak dalam artikel berikut.

Couch. Menurut Language 101, kata ‘couch’ berasal dari bahasa Prancis yakni ‘coucher’ yang berarti ‘to lie down’. Definisi ini kemudian mengarah pada kebiasaan penggunaan bahasa, yang menunjukkan bahwa couch lebih sering digunakan untuk menyebut kursi yang lebih kasual dibanding sofa. Couch digunakan untuk menyebut kursi yang besar, lembut, dan juga super nyaman, serta biasa digunakan untuk bersantai. Couch juga disebut-sebut berasal dari kata ‘couche’ yang berarti ‘a piece of furniture with no arms used for lying’. Jadi, bean bag atau kursi café yang biasanya tanpa lengan juga bisa digolongkan sebagai couch.

Sofa. Sofa berasal dari bahasa Arab, ‘suffah’, yang berarti kursi kayu yang ditutupi dengan cushion. Berbeda dengan couch yang sangat nyaman untuk curling up dan juga tidur, sofa lebih kaku dan tidak terasa nyaman. Kapasitasnya sendiri lebih besar dibanding couch; sofa mampu menampung empat atau lebih orang, sementara couch hanya menampung maksimal tiga orang. Untuk itu, sofa sering dijadikan pilihan bagi mereka yang memiliki keluarga besar dan ruang tamu yang lebar. Terkait dengan penggunaan bahasa, sofa dinilai lebih sopan dan juga formal jika dibandingkan dengan couch.

Namun, terlepas dari semua perbedaan itu, pada akhirnya orang bebas menyebut kursi dengan couch dan juga sofa. Sebab, orang pun akan langsung membayangkan ‘bentuk’ kursi pada umumnya tanpa memikirkan perbedaan dan lain semacamnya. Bagaimana menurut Anda?

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*