Penyebab Terjadinya Sulit Tidur

susah tidur

Banyak orang yang mengalami masalah terkait dengan waktu istirahatnya. Meskipun kamu sudah berusaha untuk mendesain ruang kamar di Apartment Mega Kuningan sesuai dengan seleramu, tapi kenyataannya masalah sulit tidur masih tetap terjadi. Padahal, masalah ini pasti akan mengganggu aktifitasmu besok karena kamu akan merasa ngantuk akibat kurang tidur.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, sebab mungkin saja setelah kamu mengetahui penyebabnya maka kamu akan bisa mengatasinya dengan cara yang tepat. Dan berikut ini, adalah beberapa penyebab sulit tidur:

  • Cahaya terlalu terang

Banyak orang yang menjadikan kamarnya sebagai tempat baca. Artinya, kamu akan membutuhkan cahaya yang cukup terang agar bisa membaca dengan nyaman. Masalahnya, cahaya yang terlalu terang sangat berpotensi mengganggu kualitas tidurmu. Banyak orang yang tidak bisa tidur berkualitas akibat masalah ini. Untuk mengatasinya, ada baiknya jika kamu menyediakan 2 lampu di kamar, satu untuk membaca dan satu lagi untuk tidur dengan tinggak terang yang berbeda.

  • Makan terlalu malam

Untuk kamu yang sering makan terlalu malam, coba deh mulai ubah kebiasaan ini. Sebab, makanan yang belum selesai melalui proses pencernaan ini bisa membuatmu sulit tidur. Sebaiknya, atur maksimal waktu makanmu sekitar 2 jam sebelum tidur. Selain itu, pilihlah makanan yang mudah dicerna dan hindari makanan pedas.

  • Jam dinding

Punya jam dinding di kamar memang penting untuk mengetahui waktu. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata bagi sebagian orang, keberadaan jam dinding justru bisa membuatmu sulit tidur? Jam dinding yang dimaksud adalah jam dinding yang mengeluarkan bunyi “tik tik” setiap kali jarum detiknya bergerak.

  • Kenyamanan kasur

Jangan memilih kasur hanya dari segi modelnya saja, tetapi pikirkan juga kenyamanannya. Sebab, kenyamanan kasur akan sangat mempengaruhi kualitas tidur. Tidak hanya itu saja, kasur yang berkualitas buruk juga bisa memengaruhi kesehatan fisikmu, loh. Misalnya, kesehatan tulang. Jadi, pastikan untuk tidak asal saja saat memilih kasur, ya!

  • Gadget

Siapa yang suka bermain gadget sebelum tidur? Tahukah kamu bahwa kehadiran gadget di sekitarmu juga bisa menyebabkanmu sulit tidur? Misalnya saja kamu memainkan ponsel sambil menunggu ngantuk datang, llu tiba-tiba kamu menemukan sesuatu yang menarik. Maka, bisa jadi kamu akan melanjutkannya dan mengabaikan rasa kantukmu.

Itulah lima hal yang bisa menyebabkanmu mengalami kesulitan tidur. Selain kelima penyebab di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang bisa menyebabkanmu sulit tidur. Misalnya saja seperti kamu melakukan aktivitas olahraga di ruangan sempit sesaat sebelum tidur. Tidak hanya itu, ada juga beberapa yang merupakan faktor dari luar, sehingga agak sulit untuk di atasi. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*