Penyebab Mobil Mengeluarkan Suara

Mobil Bermasalah

Saat ini, hampir semua mobil yang diproduksi memiliki sebuah keunggulan yang sama, yaitu suara mesin yang halus. Bahkan, pada beberapa mobil diesel sekalipun, suara mesin tergolong cukup halus bila dibandingkan dengan mobil yang diproduksi pada tahun-tahun sebelumnya. Sebab itulah, ketika mobil kesayangan kita yang biasanya bersuara halus tiba-tiba berubah menjadi kasar, perbedaannya akan sangat terdengar. Jika sudah begini, langsung deh memanfaatkan asuransi kendaraan mobil untuk membiayai perbaikan mobil agar kembali ke kondisi semula.

Mobil Bermasalah

Akan tetapi, bagaimana jika suara ini muncul saat kamu sedang dalam perjalanan dan tidak ada bengkel di sekitarmu? Jangan panik dulu, karena beberapa penyebab mobil mengeluarkan suara ini tidak selalu berbahaya jika tidak di atasi saat itu juga. Namun tentunya, bukan berarti bisa diabaikan. Maksudnya, kamu setidaknya tetap bisa mengendarai mobilmu dengan aman hingga sampai di bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab mobil mengeluarkan suara:

  • Van belt mobil

Komponen ini merupakan sebuah tali yang terbuat dari karet khusus berbentuk lingkaran dengan bahan kampas pada sisi-sisinya. Berfungsi sebagai penghubung untuk menggerakkan poros antar komponen. Seperti kompresor AC, poros alternator, waterpump dan komponen lainnya. Untuk dapat bekerja secara maksimal, ukuran V-Belt ini harus benar-benar pas. Sebab, ukuran V-Belt (Van Belt) yang terlalu longgar akan dapat berisiko membuatnya mudah putus atau lepas saat mesin bekerja.

Begitu pula jika ukuran V-Belt terlalu kencang. Salah satu tanda ukuran V-Belt ini tidak pas yaitu terdengar bunyi mencicit pada mesin saat sedang menyala. Jika hal ini mulai terjadi, segeralah cari bengkel terdekat untuk mengganti V-Belt dengan ukuran yang tepat, sebab jika hal ini dibiarkan dapat menjadi penyebab mesin mobil berhenti bekerja, atau mogok.

  • Kaki-kaki mobil

Kaki-kaki roda yang sudah tidak berfungsi maksimal juga bisa menjadi pnyebab munculnya suara pada mobil. Suara yang keluar untuk masalah ini, biasanya berasal dari roda yang bermasalah, salah satunya yaitu suara seperti logam yang bertubrukan. Beberapa masalah yang mungkin timbul pada komponen ini yaitu, bearing roda sudah aus, permukaan ban yang tidak rata, dan juga tierod dan end rod yang sudah aus.

  • Kompresor AC

Jika kompresor AC yang bermasalah, biasanya suara akan keluar hanya pada saat AC dihidupkan pertama kali. Memang, terkadang AC akan mengeluarkan suara jika baru sekali dihidupkan, namun dalam kondisi ormal suara ini hanya keluar sebentar da nantinya akan hilang. Selain itu, kamu yang sudah lama menggunakan mobil kesayanganmu pasti sudah tahu dong perbedaan suara AC yang normal dan tidak normal?

  • Power steering mobil

Ada beberapa suara berbeda jika masalah pada mobil terdapat di power steering. Namun, biasanya suara ini akan keluar ketika mobil dibelokkan. Sebab itulah, jika kamu menemukan suara pada saat kamu membelokkan stir mobil, maka sebaiknya kamu waspada dan segera memperbaiki power steering mobilmu.

Masalah ini umumnya terjadi pada mobil yang kurang mendapatkan perawatan. Baik perawatan pada mobil matic maupun manual. Sebab itulah, lakukan perawatan secara rutin pada mobil kesayanganmu untuk mencegahnya dari kerusakan. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*