Penyebab Internet Lemot? Jangan Melulu Salahkan Kualitas Sinyal!

internet kantor lambat

Mungkin bukan hanya satu atau dua orang yang merasakan sulitnya mencari internet saat jalan-jalan ke luar kota. Biasanya jika hal ini terjadi, yang dijadikan sasaran utama adalah jaringan sinyal yang kurang baik. Namun, siapa bilang sinyal internet di daerah-daerah seperti internet Batam tidak sekuat internet di Jakarta? Bisa saja internet yang lemot bukan disebabkan oleh sinyal internetnya, lho. Yup, masih banyak faktor lain selain kualitas sinyal yang bisa menyebabkan internet Anda lambat seperti faktor-faktor di bawah ini. (sc: jaringan.link)

  1. Paket Internet yang Mau Habis

Eits, jangan dulu menyalahkan sinyal internet. Coba deh cek kuota internet yang Anda miliki, jangan-jangan sudah mau habis. Ya, kecepatan internet ternyata juga berkaitan dengan jumlah pemakaian. Biasanya semakin berkurangnya kuota internet, semakin berkurang juga kecepatan internet yang Anda gunakan.

  1. Banyaknya Pengguna Internet

Bukan hanya batas kuota tapi banyaknya pengguna internet juga bisa memengaruhi kecepatan internet Anda lho. Penggunaan internet yang paling sering yaitu di waktu sore hingga malam. Nah, akses internet yang bersamaan ini bisa membuat trafik padat sehingga kecepatan internet pun bisa berkurang.

  1. Virus

Bisa jadi loading website yang terlalu lama bukan disebabkan oleh internet Anda, namun karena adanya virus yang menyerang perangkat milik Anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, lindungi perangkat Anda dengan antivirus yang ampuh.

  1. Kualitas Modem

Selain sinyal internet, koneksi yang lemot juga bisa disebabkan oleh kualitas modem. Pemakaian modem yang terus menerus bisa membuat modem panas dan performa yang menurun. Sebaiknya, untuk mencegah hal ini terjadi, jangan menggunakan modem tanpa jeda, berikan waktu istirahat untuk modem Anda agar tidak mudah rusak.

Jika Anda sudah merasa menggunakan modem dengan baik namun tetap rusak, mungkin bisa diakibatkan oleh kualitas modem yang kurang baik dari awal. Jadi, Anda memang harus lebih teliti lagi ketika ingin membeli sebuah modem. Pastikan Anda memilih dengan kualitas yang baik.

  1. Banyaknya Junk

Saat Anda sedang browsing, browser secara otomatis akan menyimpan cache, cookies dan history. File-file yang tidak dibutuhkan ini jika terlalu banyak bisa menurunkan kinerja browser Anda. Karenanya, Anda harus rutin membersihkan file junk dalam browser agar kecepatan browsing Anda tidak terganggu.

Semoga bermanfaat! (Rima)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*