Pentingnya Jaminan Pemerintah Dalam Suatu Investasi

investasi

Ketika melakukan investasi, setiap orang tentu mengharapkan keuntungan yang sesuai dengan ekspektasi awal. Tak hanya keuntungan, investor juga kerap kali memikirkan apakah dana yang mereka investasikan terjaga dengan aman. Untuk memastikan bahwa dana yang diinvestasikan tersimpan dengan aman, pemerintah turun tangan dengan berperan serta dalam melindungi dana yang diinvestasikan serta menjamin keamanan dari suatu investasi. Lalu, bagaimana peran pemerintah dalam menciptakan iklim investasi yang aman seperti pada bursa saham, misalnya?

investasiSebagai perlindungan Atas Dana Investor

Peran pertama pemerintah dalam menjamin keamanan suatu investasi adalah dengan menjadi pelindung atas dana investor yang diinvestasikan. Investasi saham yang banyak ditransaksikan oleh orang Indonesia merupakan investasi yang legal dan telah disetujui oleh pemerintah. Dalam praktiknya, pemerintah menjamin keamanan atas investasi tersebut. Untuk melindungi dana yang diinvestasikan investor, pemerintah membuat regulasi seputar pemisahan rekening dana investor dan rekening sekuritas. Dengan melakukan pemisahan rekening, maka potensi dana nasabah yang diinvestasikan digunakan oleh pihak sekuritas akan berkurang dan mencegah terjadinya penyalahgunaan dana.

Sebagai perlindungan Atas Saham yang Dimiliki

Selain perlindungan atas dana investor, pemerintah juga berperan dalam melindungi saham yang dibeli dan dimiliki investor. Ketika Anda investasi di bursa saham, Anda tidak akan mengalami risiko hilang, rusak atau pencurian saham. Karena, pemerintah telah membuat suatu lembaga penyimpanan saham bernama Kustodian Sentral Efek Indonesia. Lembaga ini nantinya akan menyimpan saham yang dimiliki oleh suatu investor sehingga potensi penyalahgunaan aset oleh pihak sekuritas dapat teratasi.

Itulah berbagai peran pemerintah dalam melindungi investasi yang dilakukan investor di bursa saham. Tak hanya di bursa saham, pemerintah juga melakukan perlindungan investasi pada berbagai macam investasi lainnya. Karena seiring dengan perkembangan zaman, investasi menjadi semakin beragam dan semakin berpotensi mendatangkan fraud yang akan merugikan banyak pihak. Terlebih jika investasi tersebut merupakan investasi pada usaha kecil yang membutuhkan perlindungan agar tetap terjaga. Karena, industri kecil seperti UMKM merupakan pilar-pilar yang dapat mendorong pesatnya pertumbuhan ekonomi.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*