Muslimah “Yang Baik” Boleh Pakai Parfum

Muslimah Pakai Parfum

Ada banyak jenis parfum untuk wanita yang ditawarkan di hari belanja online nasional. Harganya pun lebih murah karena mendapatkan diskon besar-besaran. Apa kamu tertarik?

Ada yang tidak, yaitu mereka yang menganggap memakai parfum itu diharamkan bagi wanita muslim atau muslimah. Benarkah itu?

Umumnya, mereka mengatakan hal demikian karena memahami hadis yang kurang tepat. Mereka pasti disodori hadis tentang mengapa Rasul melarang muslimah memakai parfum. Contohnya saja saja hadis dari Imam Ahmad yang mengatakan bahwasannya perempuan manapun yang memakai parfum kemudian keluar ke masjid, maka shalatnya tidak diterima sampai ia mandi.

Jika dilihat dari sudut pandang tekstual, seolah-oleh wanita itu tidak boleh pakai parfum, apalagi untuk pergi ke masjid. Benarkah demikian?

Hadis itu harus dipahami dari segi kontekstualnya. Ada istilah yang dinamakan dengan asbabul wurud atau penyebab hadis itu ada. Setiap hadis yang berupa tindakan atau perkatan Nabi itu ada asal mula atau peristiwa yang menyebabkan hadis tersebut muncul. Dan hadis tentang pelarangan wanita keluar rumah dengan memakai parfum itu juga ada alasannya.

Sebenarnya ada banyak hadis yang menjelaskan pelarangan pemakaian parfum. Akan tetapi, yang tidak banyak dipahami adalah mengapa pelarangan tersebut terjadi. Menurut para ahli hadis, ada illat atau alasan mendasar mengapa hal tersebut terjadi, yaitu karena parfum bisa menimbulkan syahwat. Alasan inilah yang harus dijadikan patokan.

Lalu, bagaimana jika parfum yang dikenakan tidak menimbulkan syahwat? Itu diperbolehkan. Bahkan, penggunaan parfum lebih dianjurkan ketika seorang muslimah tidak ingin membuat orang lain merasa terganggu karena bau badannya yang kurang sedap. Jadi, penggunaan parfum ini untuk kemaslahatan banyak orang.

Maka dari itu, seorang muslimah yang baik tahu bagaimana cara menggunakan parfum. Ia memilih wewangian yang tidak menyengat dan menggunakannya secara tidak berlebihan. Itulah kuncinya.

Jadi, kamu seorang muslimah tidak perlu khawatir jika ingin memakai parfum. Apalagi jika kamu harus bersosialisasi dengan orang banyak lantaran kamu adalah seorang wanita karir. Tentu wewangian bisa membuat kamu terhindar dari bau badan yang justru bisa membuat orang lain tidak nyaman berada di dekat kamu. Oleh sebab itu, pilihlah parfum yang sesuai. Beberapa wangi parfum yang tidak menyengat bisa kamu dapatkan di HIJUP. Di hari belanja online nasional ini ada potongan harga serta bebas biaya kirim kemana saja.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*