Merawat Vacuum Cleaner Agar Tak Cepat Rusak

tips-merawat-vacuum-cleaner

Mempunyai sebuah vacuum cleaner yang dibeli dari toko perkakas, tentu memberikan banyak manfaat kepada ibu rumah tangga. Bagaimana tidak, vacuum cleaner mampu membersihkan debu yang menempel di semua sudut rumah yang tidak terlihat oleh mata, dapat meringankan pekerjaan ibu rumah tangga pada saat membersihkan lantai rumah, dan lain sebagainya Walaupun sudah memberikan banyak manfaat, tapi terkadang banyak ibu rumah tangga yang mengabaikan perawatan dari vacuum cleaner yang sudah sangat membantunya. Entah, mereka tidak mengerti cara merawatnya atau acuh akan perawatan vacuum cleaner yang dimiliki.

tips-merawat-vacuum-cleanerDiabaikannya perawatan vacuum cleaner, hanya membuat alat yang satu ini cepat rusak dan tidak akan bisa dipakai lagi. Nah, agar vacuum cleaner tidak cepat rusak, dibutuhkan beberapa perawatan vacuum cleaner yang tidak terlalu sulit. Apa sajakah itu? Langsung aja disimak rangkumannya di bawah ini:

  1. Mengganti Kantong Vacuum Cleaner.

Agar vacuum cleaner terhindar dari kerusakan, sebaiknya gantilah kantong vacuum cleaner secara berkala minimal satu bulan sekali. Dengan selalu menggantinya secara berkala, maka vacuum cleaner pun tidak akan cepat rusak. Sedikit saran, untuk yang memiliki hewan peliharaan sebisa mungkin ganti kantong vacuum cleaner sesering mungkin. Hal ini bertujuan untuk menghindari munculnya bakteri di dalam kantong vacuum cleaner.

  1. Mengganti Filter dan Sabuk Vacuum Cleaner

Selanjutnya, gantilah filter dan sabuk vacuum cleaner secara berkala minimal enam bulan sekali. Dengan selalu menggantinya, tidak akan membuat vacuum cleaner cepat rusak. Jika saat menggantinya mengalami kesulitan, maka bisa membaca buku panduan yang akan mempermudah penggantian filter dan sabuk pada vacuum cleaner.

  1. Sebisa Mungkin Jangan Menghisap Debu di Tempat yang Masih Basah.

Pada saat membersihkan debu di rumah menggunakan vacuum cleaner, sebisa mungkin janganlah menghisap debu di tempat yang masih basah. Kenapa? Yaa, hal ini bertujuan untuk menghindari masuknya sisa-sisa air ke dalam mesin vacuum cleaner yang akan mengakibatkan adanya karatan di vacuum cleaner. Jika sudah ada karatan, tidak menutup kemungkinan vacuum cleaner akan cepat rusak dan tidak bisa dipakai lagi untuk membersihkan debu di rumah.

  1. Jangan Menyedot Sampah atau Kotoran yang Berukuran Besar

Ketika sedang membersihkan debu dengan vacuum cleaner, alangkah baiknya jangan menyedot sampah atau kotoran yang berukuran besar. Mengapa? Menyedot sampah atau kotoran yang berukuran besar hanya akan membuat tersumbatnya ujung vacuum cleaner. Jika ujung vacuum cleaner sudah tersumbat, maka butir-butir debu yang masih tersisa tidak akan bisa disedot dengan sempurnya.

  1. Bersihkan dan Simpan di Tempat yang Kering

Setelah memakai vacuum cleaner, maka sebaiknya bersihkan vacuum cleaner dari kotorang yang menempel. Apabila sudah dibersihkan, selanjutnya simpan vacuum cleaner di tempat yang kering.

Itulah beberapa perawatan yang bisa dilakukan jika tidak mau vacuum cleaner cepat rusak. Jika sudah rusak gimana? Jangan khawatir karena banyak cara memperbaiki vacuum cleaner sendiri kok. Tenang –tenang! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*