Menghapus Semua Data di Android atau iPhone

bersihkan data handphone

Ada kalanya ketika kamu merasa bosan dengan ponsel pintar yang selama ini kamu gunakan dan ingin membeli perangkat dengan merk handphone terbaik yang sedang tren pada saat itu. Hal ini memang sangat mungkin terjadi, mengingat dunia teknologi terus menerus berinovasi sehingga selalu ada perangkat dengan spesifikasi terbaik yang muncul setiap saat.

bersihkan data handphoneNah, kalau kamu memang ingin membeli ponsel baru dan berniat melepaskan ponsel yang lama (entah itu dijual atau diberikan ke kerabat), sebaiknya lakukan dulu hal di bawah ini untuk menghapus semua data di ponsel. Dengan begitu, data-data kamu tidak akan disalahgunakan oleh pengguna berikutnya.

  1. Menghapus data di Android.

Kalau Android kamu masih versi 4.0 ke bawah, cara menghapus datanya adalah dengan mengeklik menu Setting, lalu pilih Privacy, dan klik opsi Factory Data Reset dan Erase Everything. Ini akan membuat data di ponsel Anda terhapus semua dan mengembalikannya ke settingan pabrik seolah belum pernah dipakai sama sekali. Nah, kalau Android kamu sudah versi 5.0 ke atas, kamu harus menghapus akun Google kamu dulu. Caranya adalah dengan mengeklik menu Settings, lalu pilih Accounts, dan klik akun Google. Kamu bisa meremove akun yang tersimpan di sana, lalu ikuti cara menghapus data seperti di Android versi 4.0 ke bawah.

  1. Menghapus data di iPhone.

Kita sudah tahu bagaimana cara menghapus data di android, lalu bagaimana cara menghapus data di iPhone? Dibandingkan dengan android, menghapus data di iPhone sebenarnya lebih mudah dan sederhana. Pertama-tama, buka akun iCloud di iPhone, lalu sign-out semua aktivitas di sana. Hal ini berfungsi untuk menonaktifkan semua akun yang terhubung dengan akun iCloud di perangkat elektronik kita. Selanjutnya, klik settings, pilih general, lalu klik reset. Setelah opsi terbuka, pilih erase all content. Nanti, kamu akan diminta memasukkan password lalu proses penghapusan akan segera dijalankan setelah password dikonfirmasi. Mudah, kan?

Semoga langkah-langkah di atas bisa membantu kamu untuk menghapus data di ponsel Android atau iPhone, ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil 😀

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*