Mengenal Berbagai Tipe Perangkat PABX

Pernah mendengar istilah PABX? Jangan sampai salah membedakan antara PABX dan PBX, ya. PABX merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk alat penyambung sistem telepon di perusahaan maupun kantor. Biasanya, perangkat PABX ini sudah disambungkan langsung dengan sistem PTSN atau public switched telephone network, sehingga semakin mempermudah apabila melakukan panggilan telepon baik keluar maupun masuk. Selain itu, sistem telepon PABX yang sangat berperan penting untuk menyambungkan panggilan telepon ini, memiliki berbagai macam tipe dengan fungsi yang sangat berbeda diantara satu tipe dengan lainnya.

Berikut ini merupakan beragam tipe dari perangkat PABX. Disimak, yuks!

  1. PABX Digital adalah salah satu tipe dari perangkat PABX, yang kini sudah banyak dipergunakan untuk alat penyambung telepon di perusahaan. Ini disebabkan oleh perangkat PABX digital sudah dilengkapi oleh teknologi super canggih, sehingga kian memudahkan pengguna ketika menggunakannya. PABX digital sendiri merupakan perangkat telepon yang diatur melalui sistem tatap muka yang berbasis komputer ataupun website.
  2. PABX Analog. Sama-sama digunakan sebagai alat penyambung jaringan telepon, perangkat PABX tipe analog ini menghasilkan suara yang cukup baik dibandingkan dari perangkat biasa. Perangkat PABX tipe ini memiliki fungsi mampu menerima panggilan telepon, mematikan suara yang dikeluarkan telepon, sekaligus speed dial maupun redial. Selain itu, perangkat PABX yang satu ini pun bisa pula dijadikan sebagai saran untuk memindahkan sekaligus melakukan transfer antar ekstensi.
  3. VolP PABX. Volp PABX atau dikenal dengan istilah voice over internet protocol merupakan sebuah perangkat di dalam sistem PABX, yang mana perangkat satu ini dibuat dengan teknologi super canggih dan penggunaanya bisa menghubungkan ekstensi lain hanya melalui jaringan internet protocol. Dengan menggunakan perangkat PABX tipe ini, maka pengguna pun bisa mengalihkan sekaligus mengalihkan panggilan baik dari telepon biasa maupun sesama VolP PABX.
  4. Hybrid PABX. Meski, VolP PABX sudah dilengkapi dengan sistem sekaligus teknologi tercanggih di dunia, namun nyatanya masih kalah dengan perangkat Hybrid PABX. Mengapa? Yap, hal ini karena perangkat Hybrid PABX didukung dengan dua teknologi canggih sekaligus, dimana terdapat PABX analog yang dipasangkan dengan PABX digital. Tentu, dengan adanya penggabungan kedua perangkat ini, maka hasil yang diberikan oleh perangkat PABX tipe Hybrid akan jauh lebih keren dibandingkan yang lainnya.

Itu sejumlah tipe dari perangkat PABX yang wajib kita ketahui. –SH

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*