Mengenal Beberapa Jenis Truk yang Sering Digunakan

truk mitsubishi fuso

Truk atau dikenal pula dengan nama mobil colt diesel merupakan salah satu moda transportasi yang acapkali digunakan untuk mengangkut berbagai material berat seperti besi, kayu, semen, air, beras, minyak bumi, galon, gas, dan sebagainya. Truk sendiri memiliki ukuran yang sangat beragam, misalnya saja ada 4 tipe karoseri pada truk fuso. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika banyak yang kebingungan saat akan memilih jasa penyewa truk karena harus mencari tahu mana truk yang cocok digunakan untuk mengangkut barang.

Nah, agar tidak salah lagi, maka kami akan memberikan penjelasan mengenai beberapa jenis truk yang bisa dimanfaatkan untuk mengangkut berbagai macam barang, di antaranya;

  1. Truk Engkel. Truk Engkel atau disebut dengan Truck Cold Diesel Engkel adalah sejenis truk yang mempunyai dua buah sumbu dengan empat roda seperti mobil pick up. Namun, untuk truk ini bisa mengangkut barang hingga dua ton, kecuali untuk truk yang bervolume maksimal 12 CBM. Biasanya, truk ini bisa dipakai untuk mengangkut barang berat seperti barang bangunan, peralatan rumah tangga, hingga sampah.
  2. Truk Fuso. Truk fuso merupakan jenis truk yang memiliki ukuran jauh lebih besar jika dibandingkan dengan truk engkel. Truk ini bisa mengangkut barang hingga tujuh ton dengan memiliki kapasitas sekitar 25 CBM. Truk fuso sendiri adalah buatan Mitsubishi yang bisa dipergunakan untuk mengangkut barang misalnya seperti perabotan rumah tangga, besi, kayu, dan sebagainya.
  3. Truk Tronton. Berbeda dengan truk sebelumnya, truk tronton sendiri memiliki sumbu sekitar tiga buah dengan jumlah roda sebanyak sepuluh roda, peletakan roda ini biasanya adalah 2-4-4. Truk tronton ini bisa menampung sekitar sepuluh ton barang berat. Nah, biasanya truk ini kerap digunakan oleh pebisnis ekspedisi karena harga truk ini terbilang cukup murah akan tetapi bisa mengangkut banyak barang.
  4. Truk Wingbox. Selain tronton, ada lagi truk yang bisa mengangkut banyak barang, apalagi kalau bukan Truk Wingbox. Bagian kiri, kanan, dan belakang dari truk ini bisa dibuka sehingga akan semakin mempermudah pengguna saat ingin memasukkan berbagai jenis barang. Truk ini mempunyai dua hingga sumbu dengan kapasitas angkut hingga berton-ton.

Selain truk di atas, terdapat pula jenis truk seperti Truk Pick Up, Truk Cold Diesel Double. Truk Trailer, Container, dan sebagainya. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*