Media Komunikasi yang Digunakan Zaman Dulu bag 2

Telegraf

Kini, jika hendak berkomunikasi dengan keluarga maupun teman dekat, pasti kamu hanya menggunakan handphone canggih yang penggunaannya memakai koneksi jaringan dari router wifi yang dibeli di toko jual access point. Yap, cukup dengan memanfaatkan semua media social yang terdapat di dalam handphone pintar tersebut, maka kamu pun sudah bisa langsung chatting maupun bertatap muka dengan orang terdekat meski tinggal di tempat yang saling berjauhan.

Kendati demikian, namun apakah kamu tahu? Ternyata, zaman dahulu saat berkomunikasi orang-orang pun menggunakan media komunikasi unik yang mungkin saja tidak akan pernah lagi ditemukan di zaman millennial seperti yang sekarang ini. Apa sajakah media yang digunakan? Kembali melanjutkan artikel pertamanya, berikut ini adalah beberapa medianya;

  1. Terompet. Siapa yang bisa menduga, jika terompet yang kini sering digunakan untuk menyambut malam tahun baru masehi ini, pada zaman dahulunya dipakai sebagai sarana untuk berkomunikasi. Menurut sejarahnya, terompet ini sudah ada sejak zaman bani Israil. Pada masa ini, terompet digunakan untuk menyampaikan sekaligus membagikan berbagai informasi penting kepada masyarakat sekitar. Tentu, informasi yang diberikan pun langsung datang dari raja.
  2. Telegraf. Telegraf merupakan salah satu mesin yang dijadikan sebagai media untuk mengirim sekaligus menerima pesan dari pihak yang berada di tempat jauh sekaligus dilengkapi dengan teknologi telegrafi. Biasanya, saat menerima maupun mengirimkan pesan dengan telegraf ini, maka yang dijadikan untuk berkomunikasi adalah morse. Sedikit berbeda dengan media komunikasi lainnya, telegraf ini termasuk ke dalam alat komunikasi yang bisa dibilang canggih, sebab sudah dinyalakan dengan listrik. Namun, tetap saja bukan, telegraf dipakai pada zaman dahulu?
  3. Kentongan. Mungkin, sekarang ini kentongan sudah sangat jarang sekali digunakan. Namun, pada zaman dahulu, alat yang satu ini dipakai untuk pemberi pesan kepada masyarakat, jika ada rumah warga yang kemalingan. Saat masyarakat mendengar suara kentongan ini, maka mereka pun langsung berhamburan keluar rumah dan langsung mencari maling yang sudah masuk ke rumah salah satu warga.

Itulah beberapa media yang dijadikan sebagai alat untuk berkomunikasi oleh orang zaman dahulu. Bagaimana? Kamu masih menggunakannya? –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*