Media Komunikasi yang Digunakan Zaman Dulu bag 1

Berkat semakin berkembangnya teknologi yang diciptakan oleh manusia, maka tidak heran jika kini sudah banyak bermunculan berbagai jenis alat komunikasi yang bisa digunakan untuk berbicara baik dengan keluarga tercinta maupun teman dekat. Mulai dari; handphone layar sentuh yang penggunaannya hanya memanfaatkan koneksi internet, telepon kabel yang bisa dihubungkan ke sistem telepon PABX, handy talkie yang digunakan untuk berbicara dan sering dipakai oleh pihak berwajib, dan sebagainya.

Kendati sudah dipenuhi oleh beragam jenis media komunikasi dengan kecanggihan yang sudah tidak diragukan lagi. Akan tetapi, tahukah kamu? Jika di zaman dahulu saat hendak berbicara, orang-orang pun ternyata memiliki media komunikasi khusus yang dipakai untuk berkomunikasi dan mungkin saja tidak akan pernah lagi kamu gunakan di zaman sekarang. Lantas, apa sajakah media yang digunakan untuk berkomunikasi oleh orang zaman dahulu? Inilah beberapa diantaranya;

  1. Burung Merpati. Dahulu, apabila seseorang ingin berbicara sekaligus berkomunikasi dengan orang lain tetapi tempat tinggalnya saling berjauhan, orang tersebut pun mengirimkan sebuah surat melalui jasa seekor burung merpati, begitupun sebaliknya. Lantaran, dikirimkan oleh seekor burung, maka tidak heran jika dulu pernah muncul istilah Merpati Pos. Yang mana menjelaskan jika burung merpati berperan sebagai pak pos pengantar surat yang dikirimkan kepada penerimanya.
  2. Telepon kaleng. Mungkin, bagi kamu yang lahir di tahun 80an sampai dengan 90an masih pernah merasakan telepon kaleng ini. Yap, media yang difungsikan pula sebagai alat berkomunikasi di zaman dahulu ini terbuat dari kaleng, dimana bagian tengahnya dilubangi dan diberi benang panjang. Saat orang pertama di salah satu ujung berbicara, biasanya orang kedua di ujung satunya lagi pun bisa mendengarkan pembicaraan orang pertama. Meskipun demikian, tapi sayangnya alat komunikasi ini hanya bisa digunakan sejauh 5 sampai 10 meter saja.
  3. Daun lontar. Sebelum adanya kertas, saat berbalas surat orang zaman dulu memanfaatkan daun lontar. Akan tetapi, surat yang dibalas dengan daun lontar ini pun sampai kepada penerimanya memakan waktu yang tidak sebentar, bisa berbulan-bulan bergantung pada jarak tempuh sekaligus apakah alat transportasinya tersedia atau tidak. Selain itu, daun lontar ini juga digunakan raja zaman dahulun untuk menyampaikan maklumat kepada seluruh rakyat.

Gimana? Apakah kamu pernah mencoba menggunakan media komunikasi yang digunakan zaman dahulu? Eits, jangan pergi dulu ya, karena masih banyak loh media komunikasi lainnya! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*