Manfaat Sisa Oli Bekas Sepeda Motor

oli-bekas-motor

Biasanya, setelah Anda mengganti oli mesin terbaik pada sepeda motor, maka Anda pun akan langsung membuang oli lama yang masih tersisa dari sepeda motor Anda. Betul? Memang sih, sebenarnya Anda boleh-boleh saja membuang sisa oli lama yang sudah Anda gunakan pada sepeda motor. Tapi, tahukah Anda? Ternyata, sisa dari oli lama yang Anda gunakan untuk sepeda motor, masih bisa Anda manfaatkan untuk hal-hal lain lho!

oli-bekas-motorApa sajakah itu? Yuks, langsung saja disimak beberapa diantaranya:

  1. Membakar Kayu Bakar. Adanya sifat membakar yang dihasilkan oleh oli mesin pada sepeda motor, membuat sisa oli yang sudah tidak digunakan lagi bisa dimanfaatkan untuk membakar kayu bakar. Dengan dimanfaatkannya sisa oli ini untuk membakar kayu bakar, tentu saja lebih mengirit pengeluaran untuk tidak membeli minyak tanah lagi saat mau memasak maupun menghangatkan tubuh menggunakan kayu bakar.
  2. Melumasi Rantai Sepeda Motor. Meskipun oli mesin yang pernah digunakan untuk sepeda motor sudah menjadi ampas, tapi ternyata ampas oli tersebut masih bisa digunakan untuk melumasi rantai pada sepeda motor Anda. Adanya pelumasan menggunakan oli bekas ini, akan membuat rantai sepeda motor bebas dari yang namanya keausan. Namun, saat memberi pelumasan pada rantai sepeda motor sebaiknya pilihlah oli bekas yang belum terlalu rusak parah.
  3. Menghilangkan Karat Pada Knalpot Sepeda Motor. Selain bisa dimanfaatkan untuk melumasi rantai pada sepeda motor, sisa oli bekas pun bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada knalpot sepeda motor. Cara penggunaannya pun cukup mudah, tinggal mengolesi oli bekas tepat di bagian karatan dengan kondisi knalpot masih panas. Panas yang dihasilkan oleh knalpot akan membuat karatan meleleh secara otomatis.
  4. Mengobati Hewan Ternak. Siapa sangka? Ternyata, sisa oli bekas sepeda motor yang sudah tidak dipakai lagi bisa digunakan untuk mengobati penyakit yang menimpa hewan ternak yang Anda miliki. Penyakit yang dapat disembuhkan oleh sisa oli bekas pada hewan ternak pun bernama kudis atau scabies. Bagaimana cara menggunakannya? Kudis yang terdapat pada hewan ternak diolesi dengan oli bekas tepat di bagian kudis tersebut. Setelah beberapa hari, maka kudis yang terdapat di hewan ternak akan hilang bahkan muncul kembali kulit asli di hewan.
  5. Mengawetkan Kayu. Sisa oli bekas juga bisa dimanfaatkan untuk mengawetkan kayu. Biasanya, pengawetan yang menggunakan sisa oli bekas ini dilakukan oleh industri mebel saat menjaga agar kayu yang tidak terjual tidak hancur maupun lapuk begitu saja. Cara menggunakannya pun sangat mudah, hanya perlu mencampurkan oli bekas dengan solar dengan perbandingan sama, lalu oleskan pada kayu yang akan diawetkan.

Bagaimana? Anda sudah pernah memanfaatkan oli bekas untuk hal-hal di atas? Dan jangan pernah berpikir untuk menggunakan oli motor bekas atau baru untuk mobil ya!! Eh, kenapa tidak boeh? Memang gak boleh bahkan oli mobil aja gak boleh untuk motor karena ada dampak buruk menggunakan oli mobil untuk motor, begitu juga sebaliknya. –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*