Lakukan Ini untuk Merangsang ASI Setelah Melahirkan

ibu menyusui bayi

Setelah melahirkan, ada lagi salah satu tantangan yang perlu dihadapi oleh seorang ibu. Ya, memberikan ASI. Pada beberapa Ibu, terutama ibu yang baru melahirkan pertama kali, memberikan ASI bisa menjadi hal yang membuat was-was. Pasalnya, mengeluarkan ASI ternyata tidak mudah. Perlu dilakukan beberapa rangsangan dan stimulus untuk melancarkan ASI. Mulai dari meminum minuman Pelancar ASI, memijat payudara, dan masih banyak lagi. Namun jika ASI tak kunjung keluar setelah melahirkan, jangan panik dulu. Dilansir dari situs alodokter, merupakan hal wajar jika ibu yang baru melahirkan baru bisa mengeluarkan ASI sekitar tiga hingga empat hari usai melahirkan. Selain itu, Ibu juga bisa melakukan tips di bawah ini agar ASI bisa keluar dengan lancar setelah melahirkan.

  • Melakukan kontak kulit ibu dan bayi

Menurut penelitian, kontak antar kulit dengan ibu dan anak sangat diperlukan ketika bayi baru lahir. Pasalnya kontak kulit dapat membantu merangsang hormon oksitosin dan prolaktin yang dapat menambahkan produksi ASI. Karena itu ibu yang baru melahirkan dianjurkan untuk segera menyusui Si Kecil setelah melahrikan. Hal ini biasa juga dikenal dengan inisiasi menyusu dini.

  • Terus mencoba menyusui

Ketika ASI tak kunjung keluar, diharapkan Ibu tidak panik dan terus mencoba. Selama beberapa minggu pertama, cobalah untuk menyusui Si Kecil setiap 2-3 jam sekali. Semakin sering waktu menyusui, maka kemungkinan lancarnya produksi ASI pun juga akan meningkat. Saat mencoba untuk menyusui, pastikan mulut anak melekat dengan benar ke payudara dan pastikan juga anak tidak hanya menyusu dari salah satu payudara saja.

  • Pijat payudara

Upaya lainnya adalah memijat payudara. Pijat payudara dapat membantu memperlancar peredaran darah dan produksi ASI sang Ibu. Pijatlah payudara secara lembut dengan arah maju dari dada ke puting. Teknik pijat ini diperuntukkan untuk membantu meningkatkan jumlah dan lemak ASI serta menguraikan gumpalan ASI yang mungkin tersumbat di kelenjar susu. Selain itu, pijat payudara juga bisa membuat Ibu lebih rileks dan bisa berisitirahat dengan baik sehingga terhindar dari rasa panik dan stres.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Ibu lakukan agar produksi ASI semakin lancar. Selain itu, Ibu juga dianjurkan untuk mengetahui cara menyimpan ASI agar lebih awet, tujuannya supaya kualitas ASI selalu terjaga sehingga aman dikonsumsi oleh sang buah hati. Semoga cara di atas dapat bermanfaat ya, Bu!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*