Khasiat Chia Seed untuk Kesehatan Tubuh

Chia Seed

Chia seed merupakan biji-bijian berukuran kecil yang berasal dari tanaman Salvia Hispanica L, dan tumbuh di negara Amerika Selatan maupun Meksiko. Di dalam biji chia seed sendiri tersimpan kandungan asam Omega 3 yang dapat menurunkan trigliserida dalam darah. Selain dapat menurunkan trigliserida, biji chia seed ini pun memberikan banyak manfaat ataupun khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa manfaat chia seed via lemonilo. Simak langsung, deh!

  1. Mengurangi peradangan di dalam tubuh. Sebagai salah satu biji-bijian yang memiliki kandungan omega 3, chia seed yang memiliki ukuran sangat kecil ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh. Tidak hanya peradangan, biji chia seed ini juga dapat dijadikan sebagai alat untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh sekaligus menurunkan kadar kolesterol yang cukup tinggi di dalam tubuh.
  2. Memerangi tekanan darah tinggi. Biji chia seed ini mengandung banyak zat nutrisi seperti misalnya fosfor, kalsium, mangan, dan magnesium, sehingga sangat baik bila dijadikan sebagai bahan untuk memerangi tekanan darah tinggi yang sudah lama berdiam diri di dalam tubuh. Selain itu, kandungan yang tersimpan di dalam biji satu ini pun dapat pula difungsikan untuk memperlancar metabolisme karena memberikan energi.
  3. Memperlambat proses penuaan. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam biji chia seed ini pun dipercaya dapat memperlambat proses penuaan di tubuh. Untuk itu, bagi Anda yang belum ingin terlihat tua, alangkah baiknya konsumsi biji chia seed ini secara rutin.
  4. Menurunkan kadar trigliserida. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, karena kaya akan omega 3. Biji chia seed ini dapat pula dimanfaatkan untuk menurunkan kadar trigliserida di dalam darah. Dan, biji dengan ukuran kecil ini juga tidak hanya dapat menurunkan trigliserida, namun dapat pula mengendalikan insulin sekaligus mengatasi penyakit diabetes yang menyerang tubuh.
  5. Memberikan efek kenyang pada perut. Di dalam biji chia seed ini tersimpan zat protein dan serat yang sangat baik untuk tubuh. Kedua kandungan ini dianggap bisa membantu memberikan efek kenyang pada perut. Sehingga, apabila Anda mengonsumsi biji ini, makan nafsu Anda pun akan berkurang.
  6. Menjaga kesehatan jantung. Karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan bagus untuk tubuh, maka apabila Anda rutin mengonsumsi biji yang satu ini dapat dipastikan kesehatan jantung Anda pun akan tetap terjaga.

Setelah mengetahui banyaknya khasiat yang diberikan oleh biji chia seed ini, apakah Anda masih tidak mau mengonsumsi biji satu ini?

Share on Facebook1Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*