Keseringan Lakukan Kebiasaan Ini Bisa Bikin Motor Rusak!

merawat rantai sepeda motor

Sama halnya dengan kendaraan roda empat, sepeda motor juga harus dirawat secara rutin, salah satunya ganti oli motor dengan oli terbaik yang bisa dicek melalui laman https://ilti.idemitsu.com/product-category/oli-sepeda-motor/. Dengan rutin mengganti oli sepeda motor, tentunya bisa menghindari kerusakan yang bisa terjadi pada sepeda motor. Di samping itu, rutin melakukan perawatan juga dapat mengatasi menurunnya performa sepeda motor tersebut.

Namun, tak hanya perawatan, sebagai pemilik motor, Anda juga dilarang melakukan beberapa kebiasaan ini agar motor tidak cepat rusak, di antaranya: (source: liputan6.com)

  1. Sering menunda pengisian angin ban motor. Anda pastinya pernah merasakan ban motor terasa aneh saat dikendarai? Nah, jika mengalami kejadian seperti ini, maka segera lakukan pengisian angin ban motor dan jangan sampai menundanya. Karena menunda pengisian angin ban malah dapat menyebabkan ban sobek bahkan bengkok akibat kurangnya tekanan angin pada ban tersebut. Untuk itu, jangan sampai menundanya, ya!
  2. Memakai sparepart palsu untuk sepeda motor. Murah, menjadi salah satu alasan mengapa banyak pemilik kendaraan menggunakan sparepart palsu atau kw untuk sepeda motor mereka. Padahal, menggunakan sparepart palsu ini sebenarnya sangat tidak disarankan karena bisa mempercepat rusaknya sepeda motor. Ada baiknya gunakan sparepart asli atau hanya dari pabrikan agar motor tidak rusak dan performanya tidak menurun.
  3. Menggunakan bahan bakar oplosan. Sebagian dari pengendara memang ada yang mengisi bahan bakar sepeda motor mereka dengan yang oplosan. Hemat dan murah memang, namun keseringan menggunakan bahan bakar oplosan ini malah dapat menyebabkan kerusakan pada sepeda motor. Alasannya karena bahan bakar oplosan menggunakan bahan lain yang mungkin saja tidak cocok untuk sepeda motor.
  4. Mencuci motor di bawah terik matahari. Agar cepat kering, banyak pengendara yang mencuci motor mereka di bawah sinar matahari. Melakukan hal ini tentu tidak dibenarkan karena sepeda motor yang dicuci di bawah terik matahari malah dapat memudarkan warna bodi motor. Oleh karena itu, baiknya cuci motor di lokasi yang teduh dan jauh dari paparan sinar matahari.

Itu dia beberapa kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan agar motor tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*