Kekurangan Tidak Menggunakan Sistem Telepon Kantor Internal

telepon internal kantor

Memang sistem telepon internal atau sistem telepon PABX sudah bukan hal yang asing lagi dalam dunia perkantoran. Namun, masih ada beberapa kantor yang belum menerapkan sistem ini, terutama perusahaan yang masih berkembang. Padahal, baik perusahaan kecil atau besar, sistem telepon internal diperlukan untuk menunjang efektivitas pekerjaan. Tanpa menggunakan sistem telepon PABX, mungkin hal-hal berikut ini akan Anda hadapi.

  1. Memerlukan Waktu yang Lebih Lama untuk Menyampaikan Informasi

Perusahaan merupakan sebuah organisasi yang masing-masing bagiannya memiliki peran penting. Tentunya agar organisasi ini berjalan dengan baik, komunikasi tiap-tiap bagian atau divisi tak boleh terhambat. Tanpa telepon internal, Anda mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyampaikan sesuatu kepada divisi lainnya. Misalnya jarak antar divisi berjauhan, Anda perlu berjalan terlebih dahulu baru menyampaikan informasi secara lisan. Repot bukan?

  1. Sulit Berkomunikasi dengan Efektif

Ya, mungkin masalah nomor satu di atas bisa diatasi dengan alternatif lain selain telepon, misalnya via chatting atau conference call dari sebuah aplikasi messenger. Namun perlu diingat, kalau ada beberapa informasi yang sulit dijelaskan lewat chat. Sedangkan melakukan conference call atau video call dengan aplikasi diperlukan jaringan yang kuat. Sehingga saat jaringan di kantor tidak terlalu bagus, komunikasi melalui aplikasi ini tidak selalu efektif. Belum lagi ketika yang dibicarakan adalah suatu hal yang private dan rahasia. Berkomunikasi melalui chatting terkadang kurang aman karena berisiko adanya kemungkinan penyadapan. Apalagi bagi beberapa orang yang berisiko tinggi handphonenya diretas tanpa disadari oleh sang pemilik.

  1. Dapat Menganggu Suasana Kantor

Tak jarang meskipun berada dalam satu ruangan, seorang karyawan tetap memilih untuk menggunakan telepon internal untuk berkomunikasi dengan karyawan di divisi lain. Sebab dengan telepon, mereka tidak perlu berkata dengan volume besar agar dapat mendengar satu sama lain. Hal yang demikian tentunya dapat mengganggu suasana kantor.

  1. Aktivitas Telepon Boros dan Tidak Terpantau

Tidak seperti sistem telepon PABX yang bebas pulsa, telepon biasa tetap memerlukan biaya untuk pulsa meskipun hanya melakukan telepon dalam satu ruangan. Selain itu, jika kantor Anda tidak menerapkan sistem telepn PABX, kantor tidak bisa memantau aktivitas telepon yang dilakukan. Entah telepon kantor digunakan untuk kepentingan pribadi atau hal lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

So, daripada Anda mengalami hal-hal seperti di atas, lebih baik segera gunakan sistem telepon PABX di kantor ya! (Rima)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*