Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Kulitmu Kering

kulit wajah kering

Sudah menggunakan pelembab wajah dan hand body lotion, tapi kenapa kulit masih kering juga? Kalau kulit kering seperti ini, bagaimana bisa ikut kontes kecantikan seperti kontes putri purbasari 2017? Lalu, apa yang harus dilakukan supaya kulit terlihat lembab, segar dan menarik?

Mungkin banyak dari kamu yang sering mengalami masalah seperti itu. Sudah rajin memakai pelembab, masih juga kering. Coba menggantinya dengan brand lain karena berpikir kualitas pelembab yang kurang bagus, tapi ternyata tetap tidak menyelesaikan masalah ini. Nah, jika hal tersebut memang sedang kamu alami, coba deh mulai sekarang perhatikan beberapa kebiasaan yang sering kamu lakukan. Siapa tahu, kebiasaan tersebut ternyata yang menjadi penyebab masalah kulitmu, seperti beberapa kebiasaan berikut ini:

  • Kurang minum

Banyak orang yang mengabaikan kebutuhan cairan dalam tubuhnya dengan berbagai alasan. Misalnya takut bolak-balik ke toilet atau karena terlalu sibuk hingga tidak sempat mengambil minum. Apapun alasannya, sebaiknya segera ubah kebiasaanmu tersebut. Sebab selain bisa berbahaya untuk kesehatan tubuhmu, kebiasaan ini juga dapat membuat kulitmu tampak kering, kusam dan tidak menarik. Khususnya jika kamu sehari-hari berada dalam ruangan ber-AC, konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup ini menjadi hal yang sangat penting.

  • Mencuci wajah

Mencuci wajah secara rutin dengan menggunakan sabun pembersih atau facial foam tidak salah untuk dilakukan. Namun sebaiknya jangan terlalu sering karena dapat mengikis minyak alami dari kulit wajah. Apalagi jika Anda menggunakan facial foam yang mengandung scrub. Scrub memang bagus untuk mengikis sel kulit mati namun jika digunakan berlebihan justru dapat menyebabkan munculnya iritasi. Selain itu, pilihlah sabun yang ditujukan untuk kulit kering sehingga dapat membantu kelembaban kulit.

  • Menggunakan air panas

Jika kamu termasuk orang yang rutin mandi dan mencuci wajah dengan menggunakan air panas, sebaiknya mulai batasi penggunaannya. Memang air panas dapat membantumu merasa rileks, akan tetapi kebiasaan ini juga bisa membuat kelembaban kulitmu berkurang. Agar masalah ini tidak terjadi kamu bisa mengatur suhu air agar tetap hangat dan gunakan humidifier untuk menjaga kelembaban ruangan. Selain itu, aturlah waktunya agar kamu tidak selalu menggunakan air panas setiap kali mandi.

  • Menggunakan produk perawatan beralkohol

Ada cukup banyak produk kecantikan yang menggunakan alkohol. Waspadalah saat menggunakannya karena kandungan alkohol dalam produk ini dapat mengganggu kelembaban kulitmu.

  • Tidak pernah menggunakan lotion

Bukan berarti setelah menghindari kebiasaan buruk di atas lalu kamu bisa memiliki kulit lembab tanpa perlu menggunakan lotion. Sebab, lotion ini tetap saja harus kamu gunakan untuk membantu melembabkan kulit dari luar.

Kamu juga sebaiknya rajin mengonsumsi buah dan sayur untuk membantu agar kelembaban kulit dapat lebih terjaga lagi. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*