Ke Bali Saat Nyepi? Kenapa Tidak

Nyepi merupakan hari raya umat Hindu yang melarang umatnya untuk melakukan berbagai aktivitas. Itulah sebabnya di hari raya tersebut, Bali akan tampak seperti kota mati. Bahkan hotel riverview Bali yang biasanya terlihat sibuk dengan berbagai aktivitas akan terlihat lebih sepi dan tenang. Tidak hanya hotel saja, suasana tersebut akan terlihat hampir di seluruh area pulau ini.Bali

Memang, sebagai daerah dengan mayoritas masyarakat beragama Hindu, bukan hal yang aneh jika hari raya Nyepi memiliki pengaruh sangat besar terhadap suasana kota ini. Apalagi  cukup banyak aktivitas yang tidak boleh dilakukan, antara lain:

  • Tidak boleh menyalakan api atau lampu (Amati Geni)
  • Tidak boleh bekerja (Amati Karya)
  • Puasa (Amati Lelanguan)
  • Tidak boleh keluar rumah (Amati Lelungan)

4 larangan pada hari raya Nyepi di atas disebut dengan Catur Braga Penyepian. Selain dari 4 larangan di atas, selama hari raya Nyepi koneksi internet yang ada di Bali juga akan dimatikan. Tidak peduli provider apa yang Anda gunakan, termasuk juga koneksi WiFi hotel, semua akan dimatikan sehingga Anda tidak bisa mengakses internet sama sekali.

Lalu, apa enaknya pergi ke Bali dengan kondisi seperti itu?

Kenyataannya, kondisi inilah yang membuat Bali menjadi unik di mata para wisatawan yang datang saat Hari Raya Nyepi. Sebab, pada masa inilah mereka benar-benar bisa merasakan suasana yang tenang dan nyaman tanpa gangguan apapun. Bahkan dengan putusnya koneksi internet, Anda jadi bisa melakukan berbagai aktivitas lain yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Selain itu, kelebihan lainnya jika Anda datang ke Bali pada saat Nyepi yaitu banyaknya tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Bali. Berbagai tradisi atau ritual tersebut dilakukan dari mulai sebelum hari raya Nyepi hingga sesudahnya. Anda yang sudah berada di Bali beberapa hari sebelum hari raya ini tiba bisa berkesempatan menyaksikan secara langsung berbagai tradisi unik tersebut.

Kelebihan lainnya yaitu, sehari setelah Nyepi biasanya berbagai tempat wisata di Bali akan lebih sepi pengunjung. Jadi Anda bisa lebih bebas menikmati keindahan alam dari tempat wisata di Bali yang Anda kunjungi.

Menarik sekali, kan? Bagaimana, tertarik untuk datang ke Bali saat hari raya Nyepi?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*