Investasi Ini Tidak Membutuhkan Modal Besar

investasi masa depan

Investasi itu penting demi masa depan yang tenang dan nyaman. Akan tetapi, banyak orang yang mengabaikannya atau tidak melakukannya. Salah satu alasannya karena mereka merasa sayang jika uang yang dimiliki sekarang digunakan dalam berbagai alternatif investasi yang hasilnya baru akan dinikmati bertahun-tahun kemudian. Jadi mereka lebih memilih untuk menggunakannya untuk keperluan saat ini yang manfaatnya sudah terlihat sejak saat ini. Apalagi investasi membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Padahal, sebenarnya ada loh beberapa alternatif yang tidak membutuhkan dana atau modal dalam jumlah besar sehingga bisa menjadi alternatif investasi untuk biaya pendidikan anak. Penasaran? Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Investasi barang kuno

Jika Anda senang mengoleksi berbagai benda antik, maka Anda bisa memanfaatkan hobi ini sebagai lahan investasi. Tidak perlu benda unik seperti lukisan atau kendaraan yang akan membutuhkan tempat khusus untuk penyimpanannya. Anda yang memiliki hobi mengumpulkan prangko (filateli) juga bisa menjadikan hal ini sebagai lahan investasi. Ketika salah satu prangko koleksi Anda sudah berumur tahunan dan menjadi sesuatu yang langka, maka Anda bisa menjualnya dengan harga yang cukup tinggi. Semakin unik dan terbatas prangko yang Anda miliki maka harganya juga bisa semakin tinggi.

  • Investasi mata uang

Investasi ini bisa dilakukan semua orang. Keuntungan yang didapatkan dari investasi ini merupakan selisih dari harga jual kurs dengan harga beli kurs asing. Misalnya Anda membeli dolar bulan lalu dengan harga jual kurs 12.200 rupiah. Bulan ini, harga beli kurs meningkat menjadi 12.500 rupiah, maka saat Anda menjualnya ke pihak money changer ataupun bank Anda akan mendapatkan keuntungan 300 rupiah per dolarnya. Memang tidak terlalu besar, namun jika dolar yang Anda miliki cukup banyak, maka keuntungan yang akan Anda terima cukup besar.

  • Investasi emas

Ini termasuk investasi yang cukup diminati banyak orang saat ini karena harga emas yang cenderung terus naik. Namun yang harus Anda perhatikan saat ingin melakukan investasi ini yaitu jenis emas yang dijadikan investasi. Jangan berpikir bahwa emas berupa perhiasan bisa dijadikan investasi karena Anda tidak akan bisa mendapatkan keuntungan dari sana. Emas yang bisa dijadikan investasi yaitu emas batangan atau emas murni. Memang harganya sangat mahal, namun Anda tidak harus membelinya dalam jumlah satu batang. Anda bisa membelinya sedikit demi sedikit.

Namun yang harus Anda ingat sebelum memulai investasi yaitu, setiap jenis investasi selalu memiliki risiko. Jadi jika Anda hanya mengharapkan keuntungan tanpa mau mengambil risiko, sebaiknya jangan mencoba untuk berinvestasi. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*