Hindari Kecelakaan Kerja di Pabrik Dengan Cara Ini

kecelakaan kerja

Salah satu tempat yang cukup berbahaya dan sering terjadi kecelakaan kerja adalah pabrik. Tak heran jika pemilik pabrik biasanya sudah melengkapi bangunannya dengan polis asuransi kebakaran dan juga melindungi pekerjanya dengan asuransi kecelakaan diri. Ada beberapa kecelakaan kerja yang terjadi akibat human error, maupun malfungsi dari mesin. Kecelakaan inipun cukup beragam, ada yang hanya menyebabkan luka ringan dan ada juga yang membutuhkan perawatan intensif. Bahkan yang terparah, tidak jarang seseorang yang mengalami kecelakaan kerja di pabrik sampai meninggal.

Sebenarnya, perusahaan telah menerapkan berbagai cara untuk meminimalis terjadinya kecelakaan kerja. Namun agar semua itu bisa berhasil dengan baik, Anda sendiri juga harus berusaha mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja dengan menghindari beberapa hal ini:

  • Mengabaikan penggunaan APD (Alat Perlindungan Diri)

Hal pertama yang harus diperhatikan tentulah penggunaan APD. Sayangnya masih banyak juga orang yang masuk ke pabrik, bahkan pekerjanya sekalipun, yang masih mengabaikan hal ini. Padahal penggunaan APD ini dapat meminimalis risiko yang terjadi akibat terjadinya kecelakaan. Selain itu, APD terkadang juga ada yang berfungsi untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan, misalnya seperti penggunaan pakaian khusus yang akan menjaga agar pakaian yang sedang dikenakan tidak mengenai mesin yang sedang beroperasi, atau yang lainnya. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko kecelakaan.

  • Membiarkan rambut terurai

Rambut menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Bagi seorang wanita, rambut merupakan mahkota yang membuatnya merasa semakin percaya diri. Sayangnya, pada saat di pabrik rambut panjang yang terurai justru bisa menjadi awal petaka. Misalnya ketika Anda berdiri di dekat mesin yang beroperasi dengan cara menarik atau berputar dan tanpa sengaja ada rambut Anda yang masuk ke dalam bagian mesin. Bisa dibayangkan seperti apa bahayanya, kan? Itulah sebabnya, pastikan untuk selalu mengikat rambut dan jika perlu menggunakan hair cap untuk memastikan rambut Anda terlindungi.

  • Tidak waspada

Ketidakwaspadaan dan kurang konsentrasi saat mengoperasikan mesin juga bisa menjadi awal petaka. Misalnya ketika Anda merasa sudah terlatih mengoperasikan mesin sehingga Anda dengan santainya bekerja sambil mengobrol atau bercanda. Akibatnya mungkin tanpa sadar Anda akan melakukan suatu kesalahan yang fatal dan membahayakan diri Anda.

Pabrik bukanlah tempat yang aman, tetapi Anda bisa tetap aman berada di sana dengan menghindari beberapa cara di atas. Intinya, kesadaran diri atas risiko yang bisa menimpa Anda sangat dibutuhkan untuk tetap aman beraada di tempat tersebut. (Vita)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*