Hindari Hal Ini Pada Saat Bayi ASI Eksklusif

ibu menyusui bayi

Seorang ibu, pasti akan berusaha memberikan yang terbaik pada anaknya dan. Dan salah satu hal yang bisa dilakukan saat sang anak baru lahir yaitu, dengan memberikan bayi ASI eksklusif. Bahkan banyak ibu yang rela untuk mengonsumsi minuman pelancar ASI serta hal lainnya yang dilakukan untuk memperoleh banyak ASI untuk sang anak. Harapannya, agar ASI eksklusif 6 bulan dapat berjalan dengan lancar.

Namun terkadang, ada saja hal yang membuat sang ibu melakukan beberapa kesalahan pada masa ini. Misalnya saja, seperti beberapa hal berikut ini:

  • Memberikan susu formula

Jika Anda memang berniat untuk memberikan bayi ASI eksklusif, maka Anda harus melakukannya hingga akhir. Setidaknya, sampai usia bayi Anda mencapai 6 bulan, sebelum bayi menerima MPASI. Jika pada masa awal pasca persalinan ASI Anda belum mengalir dengan lancar, maka cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Apakah memang ada masalah dengan kondisi tubuh Anda yang membuat ASI tidak mengalir dengan lancar, ataukah itu hanya masalah biasa yang sering dialami oleh ibu pasca melahirkan. Yap, beberapa ibu baru melahirkan memang mengalami masalah ini, dimana ASI hanya keluar sedikit diawal. Namun, dengan terus menerus diberikan stimulasi maka ASI akan daopat mengalir lancar. Sayangnya, dalam kondisi seperti ini banyak ibu yang merasa panik dan langsung memberikan bayi susu formula. Padahal, pada masa baru lahir, bayi baru membutuhkan sedikit ASI. Jadi, meskipun ASI Anda hanya sedikit yang keluar, masih cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi.

  • Memberi MPASI lebih awal

“Wah, bayi sudah mulai aktif bergerak. Kebutuhan energinya semakin banyak, apa iya ASI saja cukup memenuhi kebutuhan energinya?”. Nah, pasti banyak dari Anda yang berpikir seperti ini ketika bayi memasuki usia 5 bulan atau bayi sudah mulai aktif. Jawabannya, jika ASI Anda berjumlah cukup, maka kebutuhan energinya akan terpenuhi cukup dengan ASI. Jangan pernah menambahkan makanan lain atau susu formula kepada anak sebelum usia 6 bulan. Jika ASI Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan bayi, barulah Anda bisa menambahkannya dengan susu formula. Ingat ya, hanya susu formula, bukan MPASI. Sebab, pencernaan bayi masih sangat sensitif, jadi jangan pernah memberikan MPASI lebih awal dari waktunya. Bahkan, untuk susu formula juga Anda harus waspada. Segera hentikan dan konsultasikan pada dokter ketika menemukan adanya alergi pada bayi.

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Jadi, jika bukan karena hal yang tidak bisa dihindari seperti ASI yang tidak bisa keluar atau terlalu sedikit, pastikan bayi menjadi bayi ASI eksklusif. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*