Hati-hati, Penyakit Ini Kerap Menyerang Tubuh Ketika Musim Pancaroba!

sakit-perut

Meski memiliki Asuransi Kesehatan Individu yang bisa dipakai ketika Anda mengalami sakit, baik parah maupun ringan. Namun, sayang, penyakit tersebut malah tidak bisa dihindari, khususnya pada musim pancaroba. Musim pancaroba sendiri merupakan peralihan musim dari musim kemarau ke musim penghujan. Di mana, ketika terjadi musim ini tubuh akan lebih rentan terserang berbagai macam penyakit.

Berikut merupakan beberapa penyakit tersebut seperti yang dilansir dari suara.com, check it out:

  1. Influenza. Salah satu penyakit yang sangat rentan menyerang tubuh pada saat musim pancaroba adalah influenza. Melansir dari com, munculnya penyakit ini diakibatkan oleh virus influenza yang menyerang hidung dan tenggorokan. Memang, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun alangkah lebih baik segera diobati karena jika dibiarkan terlalu lama bisa mengakibatkan gangguan paru-paru. Biasanya, anak-anak dan lansia lebih berisiko terserang penyakit influenza ini.
  2. Sakit mata. Siapa sangka, musim pancaroba juga dapat menyebabkan mata sakit akibat paparan bakteri yang didapat dari lingkungan luar maupun kelompok. Seseorang yang mengalami penyakit ini akan merasakan gatal di area mata, mata menjadi merah, berair, kotoran lebih banyak keluar, sekaligus penghilatan pun menjadi terganggu. Tak hanya bakteri, sakit mata juga bisa disebabkan karena penularan kuman yang menempel di tangan.
  3. Gangguan pencernaan. Selain makanan pedas, munculnya diare juga bisa disebabkan karena adanya perubahan kondisi air. Jika dibiarkan, penyakit gangguan pencernaan ini bisa mengakibatkan dehidrasi sedang bahkan parah. Untuk itu, ketika mengalami diare, maka sebaiknya langsung berobat ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut sekaligus diare lebih cepat sembuh.
  4. Demam berdarah dengue. Yang lebih parah adalah mengakibatkan seseorang terpapar penyakit berdarah dengue. Di mana, penyakit ini muncul akibat dari gigitan nyamuk aedes aegypti atau dikenal pula dengan aedes albopictus. Gejala umum dari penyakit ini seperti demam secara tiba-tiba, nyeri sendiri, nyeri kepala, mudah memar, muntah, mual, lemas, hingga mimisan.

Itulah beberapa penyakit yang rentan menyerang tubuh ketika musim pancaroba. Selalu jaga kesehatan dan kebersihan agar tidak terpapar penyakit-penyakit tersebut! –SH–

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*