Gejala dan Tips Hindari Penyakit Bronkitis

penyakit-bronkitis

Cara mencegah bronkitis kronis jauh lebih baik dilakukan ketimbang harus melakukan pengobatan. Karena selain minim biaya, tindakan preventif jauh lebih menguntungkan dalam hal kesehatan.

Bronkitis sendiri merupakan penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan. Yakni mengalami infeksi pada bagian bronkus, dan bisa melebar ke saluran pernafasan seperti hidung, paru-paru bahkan jantung.

Parahnya, bronchitis kronis bisa menyebabkan pembengkakan pada jantung. Dan kondisi inilah yang seharusnya dihindari karena bisa merenggut jiwa penderitanya.

Menyadari besarnya resiko yang akan ditanggung penderitanya, penanganan seperti memberikan vaksinasi adalah cara terbaik.

Bagi yang belum terserang penyakit ini, tindakan preventif harusnya dilakukan. Bagaimana caranya? Temukan jawabannya setelah mengetahui tanda-tanda awal terjadinya penyakit bronkitis berikut.

penyakit-bronkitisTanda Awal Terjadinya Penyakit Bronkitis

Sebelum Anda menemukan cara mencegah bronkitis kronis, paling baik Anda tahu terlebih dahulu kondisi tubuh Anda. Tentunya untuk memastikan jika Anda tidak terjangkit penyakit tersebut.

Nah, ada beberapa ciri-ciri yang mudah untuk dikenali bila sedang menderita penyakit bronkitis ini. Salah satunya adalah sulit bernafas karena memang terjadi masalah infeksi pada salah satu sistem pernafasan yaitu bronkus.

Biasanya, penderitanya akan bernafas tersengal-sengal. Kemudian timbul bunyi yang berulang-ulang ketika bernafas.

Selain itu, muncul batuk berdahak yang berlebihan. Dan kemunculannya bisa berlangsung sangat lama, yakni 3 bulan selama setahun. Jadi, ketika Anda mengalami hal ini, langsung periksakan ke dokter.

Tak hanya itu saja, saluran pernafasan tersumbat. Namun tidak semua dikatakan mengalami penyakit bronkitis. Tapi jika sumbatan pernafasan ini semakin parah di tiap harinya, Anda perlu hati-hati.

Tindakan Preventif Dari Penyakit Bronkitis

Perlu diingat, penyakit bronkitis tergolong penyakit menular. Jadi, berdekatan dengan penderitanya bisa menyebabkan Anda terjangkiti penyakit tersebut.

Nah, cara termudah untuk mencegah penyakit tersebut adalah hindari kontak langsung dengan penderita. Tentunya hal ini dilakukan ketika penderitanya bersin atau batuk.

Sementara tindakan preventif lainnya adalah dengan terus menjaga kebersihan. Misalnya cuci tangan, gunakan sapu tangan ketika bersin, dan jangan biarkan berbagi peralatan dengan penderita bronkitis.

Pencegahan lain yang juga sebaiknya dilakukan adalah melakukan vaksinasi virus influenza. Vaksinasi ini nantinya bisa meminimalkan tertularnya Anda terhadap penyakit berbahaya tersebut.

Dan yang terakhir, pastikan untuk menjaga daya tahan tubuh. Baik itu dengan memberikan asupan makanan yang tepat, serta rajin olahraga.

Dengan menerapkan cara mencegah bronkitis kronis ini, resiko tertular sampai kehilangan jiwa bisa diminimalisir.

Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*